Thursday 24 April 2008

Tahun 2025 Indonesia Tenggelam

Jika tahun 2008, merupakan Tahun Kunjungan Wisata Indonesia, pemerintah Indonesia pasti mencanangkan tahun 2025 sebagai Tahun Tenggelamnya Indonesia. Ini kerana pada tahun itu, Jakarta akan tenggelam!! Bukan saja tenggelam dari arus kemajuan, tetapi tenggelam ditelan bumi.

Amaran ini telah yang dikeluarkan oleh akhbar-akhbar utama dunia pada minggu lepas. Petikan berikut dipetik dari The Straits Times bertarikh 16 April 2008.

Amaran agensi berita antarabangsa ini sudah pasti menimbulkan keresahan dan ketakutan rakyat Indonesia terutama yang tinggal di Pulau Jawa.

Berita bahawa mereka akan tenggelam 17 tahun lagi telah menjadi tajuk2 utama akhbar (koran) di Indonesia pada minggu lepas. Berikut ini adalah petikan tajuk berita tersebut. Klik gambar untuk berita penuh.

Apa yang melucukan ialah akhbar Sinar Harapan, yang sepatutnya memberi harapan, tapi seolah2 telah berputus harapan apabila menyiarkan tajuk berita ini.

Lagi menarik ialah tajuk berita ini yang diambil dari ABC News.

ABC News turut menghina Jakarta sebagai thirsty capital atau ibukota Indonesia yang dahaga. Tidak cukup dengan itu, mereka turut menghina Jakarta dengan menyiarkan gambar di sebelah yang jelas menunjukkan kemunduran ibu kota Indonesia itu dalam berita tersebut.

Dengan itu, pada tahun 2025, kita akan menyaksikan tenggelamnya Jakarta, termasuklah bajaj kebanggaan mereka, reog ponorogo dan Rasa Sayange yang kononnya asli Indonesia. Yang pasti, kain2 batik mereka juga akan turut lenyap.

p/s - Kepada Abe Cyber, luwak, desember ceria, ini bukan fitnah, ini adalah fakta. Bersedialah dari sekarang. Itulah, tinggal lagi di negara pulau. Hehehe.

41 comments:

  1. ah, tak mengape, ketika global warming dah menggila, sluruh Asia termasuk Kuala Lumpur dan State Johor serta state lainnya juge akan tenggelam... ;p

    ikut cara si december cria deh:

    lihat disini ya, nak arez:

    http://www.nre.gov.my/opencms/opencms/NRE/BM/Services/Water/flood.html

    he-he-he...Kangen si Arez dngn forumer Indo, bukan rez, si december cria juga bilang elu sebagai tukang dengki kalo yang gw baca. he-he-he

    ReplyDelete
  2. komen di atas adalah komen org indon yang sedang Menunggu Jakarta Tenggelam

    ReplyDelete
  3. Indonesia tuh negara yang cinta damai yang selalu berusaha sabar walupun terinjak,karna Indonesia selalu menerapkan Asas - Asas islam berupa kesabaran,tidak seperti kalian yang mengaku menerapkan hukum islam tetapi kalian malah saling menghina,marilah kita jadikan indonesia dan malaysia jadi Negri yang damai,padahal kita ini kan dalam satu rumpun yang sama yaitu asean dan kita juga hampir mempunyai kebudayaan yang hampir sama,dan kita juga mempunyai agama mayoritas yang sama ya itu islam......... jaya lah indonesiaku rakyatmu siap mati untuk mempertahankan mu...........

    ReplyDelete
  4. BEGITULA kalau sudah menjadi INDON...bukan sahaja tenggelam negara,tenggelam semuanya..termasuklah lagu rasa sayang yang menjadi hit di negara mereka...

    Ya udah..INDONESIA walaupun tenggelam, tapi nama INDON tetap SIAL..yelaa.INDON..INDON...kamu mmg sialan deh!

    bagus arez...BRAVO..negara PULAU..ITULA INDON..larila INDON dengan BAJAJ, BATIK dan LAgu rasa sayangnya...opss..jangan lupa..arez, KUNYIT juga dibawa bersama INDON kerana telah DIPATENKAN..
    waduh...BODOH ko INDON...ya amat!

    ReplyDelete
  5. tetapi kalian malah saling menghina
    ini bukan penghinaan, ini adalah fakta bahawa Jakarta akan tenggelam. Bukan saya yang keluarkan fakta itu, akhbar internasional dan akhbar indon sendiri.

    jaya lah indonesiaku rakyatmu siap mati untuk mempertahankan mu...........
    Mampukah Jakarta dipertahankan daripada tenggelam tahun 2025??? Banjir pun kalian nggak bisa urusin.

    ReplyDelete
  6. To Indonsial, bukan saja kunyit, malah tempe dan terasi yang mereka patenkan pun turut tenggelam tahun 2025 nanti. Sama2 kita nantikan. Hehehe.

    ReplyDelete
  7. ketika global warming dah menggila, sluruh Asia termasuk Kuala Lumpur dan State Johor serta state lainnya juge akan tenggelam
    Yang pasti, indon akan tenggelam dulu kerana negara pulau terasing dari benua asia. Dan ini juga fakta bukan fitnah.
    Pada tahun 2035 Airport Soekarno-Hatta akan tenggelam
    Yang lebih parah diperkirakan 2000 pulau di Indonesia akan tenggelam pada tahun 2050.
    p/s - Apa2 pun gw ucapkan Bye Bye terlebih dulu.

    ReplyDelete
  8. Selama Dua Tahun 24 Pulau Kecil di Indonesia Tenggelam

    Jakarta (ANTARA News) - Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) mengungkapkan, hanya dalam waktu dua tahun dari 2005 hingga 2007, sedikitnya 24 pulau kecil di wilayah Indonesia telah tenggelam.

    Dari http://www.antara.co.id/arc/2007/6/7/selama-dua-tahun-24-pulau-kecil-di-indonesia-tenggelam

    ReplyDelete
  9. Ribuan Pulau Indonesia Akan Tenggelam

    Sekitar 2,000 pulau di Indonesia akan tenggelam dalam 30 tahun mendatang, akibat terus meningkatnya permukaan air laut akibat pemanasan global. Asumsi tenggelamnya sekitar 2.000 pulau sebelum tahun 2030 tersebut berdasarkan data Panel Ahli PBB tentang perubahan iklim, IPCC yang menyebutkan tingkat kenaikan air laut di Indonesia mencapai 90 cm menjelang tahun tersebut.

    Dari http://indonesiadevelopment.wordpress.com/2007/02/24/ribuan-pulau-indonesia-akan-tenggelam

    ReplyDelete
  10. hiri ya mas liat indo punya banaykpulau dan banyak wilayah. ah ini mah biasa2 aja. kita akan kembali ke alamanya ngapain repot. paling juga lu ntrdah matu pas 2025 :D ya ga?

    ReplyDelete
  11. hiri ya mas liat indo punya banaykpulau dan banyak wilayah. ah ini mah biasa2 aja. kita akan kembali ke alamanya ngapain repot. paling juga lu ntrdah matu pas 2025 :D ya ga?


    ----> KOMEN INDON yang BODOH kerana :-

    1) Pulau yang banyak tapi INDON tetap MUNDUR dan HINA

    2) Pulau yang banyak akan tenggelam akhirnya...

    aku nak ucapkan GOOD BYE...tapi..kalau nak datang MALAYSIA kenala buang SIAL INDON tuh dulu yer..
    hmm...TSUNAMI melanda lagi..habislaa INDON..walaupun tengngelam...INDON tetap BODOH dan SIAL.

    ya udah...ucapkanlah selamat Tinggal kepada INDON...

    ReplyDelete
  12. mantap mak cik zeot....

    ada info lagi ggak? rajin kali pindah2 subject.....hehehhe....besok subject apalagi nih?

    kita org indo mah geli2 aja liat dikau nafsu banget provokasi....hahahaha......

    bukannya malay juga negara pulau...katanya ngaku2 nusantara......hahahha......ggak konsisten nih.....

    ReplyDelete
  13. I ndonesia negeriku
    N egerinya Luas dan Kaya
    D ermwan dan murah senyum rakyatnya
    O rangnya bernasionalis
    N amanya Indonesia,surga di dunia

    gak kayak malak sia
    bisanya nyuri aza
    dasar negeri b3nc0ng luh Malaysia
    malaysia...Kiamat aza

    ReplyDelete
  14. I ndonesia negeriku
    N egerinya gak bakal tenggelam
    D aerahnya subur makmur
    O rangnya ramah,nasionalis
    N egara Indonesia,surga di dunia

    gak kayak malaysia,bisanya mencuri pasir and kayu
    katanya memakai hukum islam,berarti akhbar or orang-orang malaysia harus di ptong tangannya jadi negara buntung
    mampus loh pade...

    ReplyDelete
  15. btw, bukannya kerajaan Malaysia dan negara-negara Asean lainnya termasuk pemerintahan di jakarta juga khawatir dengan fenomena global warming ini, makanya Malaysia juga ikut dalam konferensi lingkungan di bali akhir tahun kemarin dan menyatakan keprihatinannya. Jadi kenapa yakin sekali kalau Malaysia juga tidak kena? ah, suka berlebih-lebihan, mas arez ini. :)

    nggak bisa ngebayangin deh kalo global warming nanti betul terjadi, mungkin orang Indo masih banyak pulau buat mengungsi, lha, orang Malaysia mesti kemana nanti, Genting highland?... ;p

    ReplyDelete
  16. LOL..

    by the time 2025 - negara Malaysia sudah mencapai taraf negara maju/negara Dunia Pertama (First World country)..
    hmm..utk pengetahuan kalian, Malaysia mempunyai target utk capai status negara maju iaitu Wawasan 2020

    Mungkin seluruh dunia akan banjir tetapi Malaysia khususnya Kuala Lumpur telah mengambil langkah berjaga-jaga lebih awal.

    Buktinya - Kuala Lumpur telah membina SMART tunnel yg berfungsi sebagai laluan banjir & juga utk kenderaan. Keberkesanannya juga telah terbukti baru-baru ini apabila berjaya mengurangkan banjir di Kuala Lumpur.

    SMART tunnel juga merupakan terowong bi-functional yg terpanjang di dunia dan yg pertama di Asia..

    Kami, rakyat Malaysia sudah bersedia. Anda?

    ReplyDelete
  17. lha, komenku nggak dipublish, wah payah bener nih jelema (tau artinya Rez, Jelema= Orang, dari bahasa Sunda).
    kalau Indonesia "tenggelam" tenang masih ada 17 ribu lebih pulau. Nah kalau Malaysia ikut tenggelam karna Global Warming, mau lari kemana? Perlis? Langkawi? Port Dickson? Malaka? Kota Bahru? Sipadan? Ligitan? ahh...iya...yang paling cocok untuk ngungsi ya Genting Higland...hi-hi-hi.

    ReplyDelete
  18. menurut kitab dari Ibnu Batutah
    "ada suatu kontinen yang mana kontinen ini amat berjasa karena harus mengangkat beban lempengan Euraisa dan menahan lempengan australia. jikalau kontinen ini hilang (tenggelam ), maka daratan mulai dari siberia utara sampai dengan daratan Australia akan musnah. kontinen yang dimaksud adalah Jafalah ( pulau jawa ), Assamut( Pulau Sumatera ), celebes (sulawesi), dan Papua"
    dikutip dari presinggahan di kerajaaan Samudera Passai

    Maka beruntunglah jadi warga Indonesia. apabila pulau jawa akan tenggelam lalu didikuti Indonesia, maka seluruh kebudayaan mulai dari kutub Utara sampai selatan akan habis dan punah...itulah Allah SWT memberikan sepotong surga di garis khatulitiwa

    ReplyDelete
  19. menurut kitab dari Ibnu Batutah
    "ada suatu kontinen yang mana kontinen ini amat berjasa karena harus mengangkat beban lempengan Euraisa dan menahan lempengan australia. jikalau kontinen ini hilang (tenggelam ), maka daratan mulai dari siberia utara sampai dengan daratan Australia akan musnah. kontinen yang dimaksud adalah Jafalah ( pulau jawa ), Assamut( Pulau Sumatera ), celebes (sulawesi), dan Papua"
    dikutip dari presinggahan di kerajaaan Samudera Passai

    Maka beruntunglah jadi warga Indonesia. apabila pulau jawa akan tenggelam lalu didikuti Indonesia, maka seluruh kebudayaan mulai dari kutub Utara sampai selatan akan habis dan punah...itulah Allah SWT memberikan sepotong surga di garis khatulitiwa

    ----> KOmen INDON yang akan tenggelam...segala malapetaka kerana INDON sendiri...syurga kamu di INDON?? wah..tak malukah kamu>?? kamu benarkan kawin islam dan bukan islam..kamu benarkan playboy..apakah kamu syurga>?? segala malapetaka seperti Tsunami dan gempa..malah banjir dan miskin sial masih kamu kata begitu..
    Ya udah..INDON mmg SIALAN..tak mau mengaku salah sendiri...
    BODOH amat!

    ReplyDelete
  20. Eh elo tanya aza ama pak Pak Ibnu Batutah,dia sendiri yang bilang Kalo " pulau2 di Hindia bagaikan Sepotong surga di khatulistiwa"
    so, bukan U yang ngmng lho,tapi Beliau sendiri...
    pernah ga Wilayah Malaysia didatangi Habib besar?
    Ue bukannya Angkuh lho,tapi sejarah dan legenda sudah berbicara.mau apa lagi?
    truz juga pernah ga wilayah Malysia didatangi Panglima besar Cheng Ho ?
    Oiya ada ga di Malaysia PM memerintah selama 32 tahun atau lebih?
    hanya ada di Indonesia presiden yg bisa memerintah selam 32 tahun!!!

    ReplyDelete
  21. ORANG MALINGSIAL TU goblok semua...
    mikir pake dengkul...
    krn emang pada ga punya otak...
    goblok lo semua...
    anjing lagi...
    mana olimpiade sain aja ga bisa juaara...
    mau tau sebabnya???
    karena lo semua goblok dan bencong beraninya ngomong...
    kalau berani sini 1 vs 1
    kupotong kepalamu pake golok,mandau,keris,rencong,badik,celurit...
    ato ga usah repot2 pake santet aja dr jauh...
    napa ga punya kesaktian ya...
    y iya orang goblok kok!!!

    ReplyDelete
  22. hanya ada di Indonesia presiden yg bisa memerintah selam 32 tahun!!!
    Udah merdeka lebih 60 tahun, tapi masih jauh tertinggal di belakang. Kerana apa? Kerana presiden tua itulah, negara Indon kekal mundur hingga ke hari ini.

    ReplyDelete
  23. apa kata Mahatir Mohammad ketika melayat Alm.Soeharto :

    "Bangsa Malaysia banyak berutang kepada Indonesia"

    ini saya denger sendiri lho di TV ketika beliau diwawancarai setelah salat jenazah.



    Indo mundur bukan karena presidennya tua,tetapi karena bawahan birokrasinya yang diprovokasi Malaysia yang sebenarnya Malaysia itu ingin menghancurkan Indo..bnerkan?

    ngaku aza de,sebenernya situ iri yah ama luasnya negara Indo,kaya sumber daya alam dan terletak kepada lalu lintas perdagangan laut internasional ?

    oiya,qta tngg az yaw apkh thn 2025 MrhpTh akn tngglm or ap yg diktk arezeo bnr trjd?kykx ci omngnx tuch gmbl n bsk az
    dsr jlm edn,wng glo ltng ksrng kntl mmk,
    bli tpe pke syr ldeh.cpee dee...
    ngerti gak L bhs ne,W ksh tau ne nmx bhasa gaul...ga ada di malaysia...nmx juga bhsa indo bhasa yg flexible and progress

    Oiy,berani ga Malaysia bakar bendera Indo? kalo ga salah ci wktu maslah nyuri kebudyaan ada 100 orang di dpn dubes malaysia di jakarta scr sermpak dan bersamaan membakar bendera malaysia setelah itu diguyur dengan air kencing dan dijejeli kebo bule....hue...5x

    ReplyDelete
  24. Quote - ABC News

    The drainage system built by the Dutch who once ruled Jakarta is unable to cope with the city's rapid growth, said Hongjoo Hahm, the top infrastructure specialist at the World Bank in Indonesia.

    Masih lagi menggunakan sistem perparitan yang dibina Belanda? What a shame! Memalukan.

    Antara pernyataan yang memalukan dalam berita ABC News..

    *tajuknya saja sudah memalukan

    *'Separated by a road and a viscous finger of black, garbage-choked water,...'

    *'..in 2025 the sea will reach the presidential palace around five kilometres inland as well as completely inundating Jakarta's historic old city...'

    *'...city's shambolic water grid...'

    *'...parts of Jakarta will sink five metres.'

    *'...around 40 per cent of Jakarta's population is not connected to the water grid, said Achmad Lanti, the city's water regulator.'..OMG! You can't be serious!

    *'...buy the water at a marked-up price, dig for it, or steal it.'..sampai begini sekali ya..patutla di Malaysia warga Indonesia banyak buat begitu..

    *'In Muara Baru, the waste-filled canal...'

    *...human waste and rubbish clog waterways, causing freshwater floods that surge up from the ground during the rainy season.'...human waste? OMFG! you mean, taik? euww...jijik!..syukur di Malaysia ada Indah Water

    ReplyDelete
  25. tunggu aza dech,tar Indah waternya disabotase ama saudaranya sendiri

    ReplyDelete
  26. bangsa indonsial,

    semuanya bangsa hamba suruhan malaysia,bangsa anjing suruhan hahaha...

    rakyat parasitnya jadi maling di negara org..tau ga parasit itu apa?? parasit itu ulat numpang ygmakan sampah..jijik tauk..kalo malaysia ga memberi pekerjaan pada mereka,pergi sana lho ke hong kong jd tukang masak babi,pergi japan jd tukang sembelih babi..

    o ya bendera malaysia pernah ke angkasa,pernah ke kutub utara,pernah keliling dunia,pernah ke everest...sb itu bendera malaysia jadi kegilaan bangsa anjing2 indon..

    bendera indon??? cuihh..najis..bendera bangsa anjing ga bisa dipegang..

    ReplyDelete
  27. "Buktinya - Kuala Lumpur telah membina SMART tunnel yg berfungsi sebagai laluan banjir & juga utk kenderaan. Keberkesanannya juga telah terbukti baru-baru ini apabila berjaya mengurangkan banjir di Kuala Lumpur...."

    He-he-he...yakin betul nih orang, Kuala Lumpur itu di dataran rendah, mau sebesar apapun kanalnya-sampe sebesar Gaban juga- teteup tidak akan bisa menhindarkan Malaysia dari bencana tenggelam masal nanti saat lobal warming.

    bangun elu pade, anak Malaysia, negeri kalian itu cuma seketip, mau lari kemana nanti kalau bencana global itu betul-betul datang. ;p

    ReplyDelete
  28. kalo bener indonesia tenggelam trus kenapa? kita-kita juga males tetanggaan sama orang gila macem lu!

    ReplyDelete
  29. Form Zildar

    Apa apaan sih report report begini..Kalau indonesia tengelam sih! itu urusan pemerintah yang bawa.Kita di malaysia lihat aja indonesia tengelam.
    Coz i love malaysia.

    ReplyDelete
  30. kalo bener indonesia tenggelam trus kenapa? kita-kita juga males tetanggaan sama orang gila macem lu!

    SETUJU! mending kita tenggelem daripada tetanggaan sama malingshit

    ReplyDelete
  31. beginilah susahnya bertetangga dengan negara yang hobinya menari diatas penderitaan orang lain. kalau di Indonesia sih, melihat orang susah akan kami bantu, bukan malah di hina-hina. mengingat kalau kita juga masih mempunyai HATI nurani. tak tahulah kalau kalian

    ReplyDelete
  32. sirik aja lu. takut kalah ya negaranya? ututuut kasian bener. sabar aja deh SOK TAU

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  34. Hahahaha bodonyer budak budak indon ni. Malaysian company yg kayer bykla bongok. Bangge aku CIMB dah beli PT Bank Niaga and Bank Lippo. Maybank plak dah beli BII. Lepas ni akan byk Malaysian company beli Indonesian company yg miskin miskin ni. Be Thankful Indons sbb Malaysian Money keeps coming to your economy.

    ReplyDelete
  35. alah malingshit mah cuman bisa omdo (omong doang) brani bicara aja mending kalo kau emang ngresa benar sini protes ke indonesia, tki di tarik dan diberhentikan saja kepala pemerintahan lo ngemis2 minta birokrasi lagi dasar negara ga bisa berdiri sendiri, tenang aja rakyat indonesia disana kalo ada apa2 kita tingal persenjatai kalian dan gempur malingshit, so kita bisa gempur dari luar dan dalam itu pulau kecil. . . negara cacat itu cuman satu malingshit. seperti kata pak karno kita negara indonesia ga pernah mengakui adanya yang namanya malaisya. . kita boleh sabar sekarang karna indonesia negara yang memang paling berjiwa besar yang mesti berbeda2 budaya bahasa kita tetap bisa hidup bersama ga semua bangsa bisa seperti itu ilove indonesia. sekali musuh tetap musuh i hate you malingshit.

    ReplyDelete
  36. malaysia bodoh, ga tau terima kasih, DLL.

    ReplyDelete
  37. aduh kalian ini bangsa malaysia itu cuma bisa mengambil alih kebudayaan bangsa lain!!!
    FAKTA: Sejarah Malaysia mengatakan bahwa Inggris datang ke Malaysia bukan hny menjajah, tetapi menghapuskan segala kebudayaan yang ada di Malaysia!!!
    Fakta: Bahasa Melayu yang kau gunakan di campur dengan bahasa Asing, jadi Bahasa Malaysia tidak mempunyai Pola yang tidak beraturan.
    Fakta: Malaysia menjadi sekarang ini berkat jasa Mr. Soeharto, yang mengirimkan tenaga-tenaga pengajar untuk mengajarkan ilmu pengetahuan kepada Rakyat Malaysia.
    jadi siapakah yang menjadi Pecundang???

    ReplyDelete
  38. bego lo, dsar maling tk brtnggung jwab.siaLL!!

    ReplyDelete
  39. aku sebagai rakyat malaysia malu dan sedih dgn manusia begini... terlalu taksub dengan duniawi!! semua manusia sama sahaja ada baik dan buruknya.. jangan kita ingat kita terlalu bagus jd kita ada kuasa untuk menghina sesiapa sahaja.. cuba letakkan diri kita ditempat org lain dlu,apa akan kita rasa bila dihina begitu.. yang sebenarnya MANAUSIA YG LEBIH HINA ADALAH MANUSIA YG MENGHINA MANUSIA LAIN!!!
    fikirkan kembali, jika tiada org indonesia di malaysia, siapa yg akan yg bekerja buruh? jika tiada mereka negara kita akan mundur.. tiada bangunan-bangunan tinggi!! mereka sendiri pandai mencari rezeki utk menyara keluarga. rezeki boleh cari dimana2 sahaja cuma cara kena betul.
    sebaiknya kita sebagai manusia harus mendoakan kebaikan sesama manusia tidak kira bangsa, bahasa @ darjat.
    jika betul negara itu akan tenggelam mungkin ada hikmahnya @ kebaikan nya dari ALLAH. siapa kita untuk menghukum @ menetapkan sesuatu perkara yg akan terjada pd masa hadapan?
    kita hanya nampak keburukan sahaja di negara mereka, sedangkan kebaikan yg mereka buat kita tidak nampak.. umat islam di negara indonesia lebih ramai, kita harus bersedih jika benar itu yg akan berlaku! tetapi mungkin DUNIA ini sendiri yg terlalu kejam dan berdosa. ALLAH lebih sayangkan pada org2 yg mulia. kita yg tinggal akan terus hanyut dengan duniawi!!
    AKU SEBAGAI RAKYAT MALAYSIA MEMINTA MAAF PADA RAKYAT INDONESIA KERANA SBNRNYA ORG INI TIDAK LAYAK TINGGAL @ BERADA DIMUKA BUMI INI..

    MARI KITA SAMA2 BERDOA AGAR ORG YG MENGHINA MANUSIA IN AKAN TERUS HIDUP SUPAYA DIA DAPAT MELIHAT SENDIRI APA YG AKAN TERJADI.. ( KALAU DIA MASIH HIDUP) INSYA'ALLAH!!

    ALLAH HU'AKBAR!! ALLAH HU'AKBAR!! ALLAH HU'AKBAR!!

    ReplyDelete
  40. MANUSIA YG HINA ADALAH MANUSIA YG MENGHINA MANUSIA LAIN.... AKU SEBAGAI RAKYAT MALAYSIA MALU ADA ORG SEPERTI INI!!

    ReplyDelete
  41. adakah ini menghampiri kiamat? moga-moga kita bersedia dan berdoa kepada Allah menghadapinya nanti...

    ReplyDelete