Saturday 6 October 2007

Rasa Sayang Tidak Boleh Dituntut Sesiapa

Jika mereka boleh bersuara, kita pun boleh bersuara.

Dipetik dari Utusan Malaysia, 6 Oktober 2007

Rais Yatim sedia debat isu lagu Rasa Sayang

KUALA LUMPUR 5 Okt. – Menteri Kebudayaan, Kesenian dan Warisan, Datuk Seri Dr. Rais Yatim sedia berhujah dari segi undang-undang dan budaya Nusantara bagi membuktikan lagu Rasa Sayang tidak boleh dituntut oleh mana-mana negara termasuk Indonesia.

Beliau juga mahu melihat apakah tindakan dan undang-undang antarabangsa yang bakal digunakan oleh Indonesia bagi membuktikan lagu tersebut sebagai hak warisan negara itu.

‘‘Kita mempunyai bukti yang kukuh daripada kajian terperinci untuk menangkis tuntutan Indonesia tersebut,’’ katanya pada sidang akhbar di sini hari ini.

Beliau berkata demikian sebagai mengulas gesaan ahli-ahli Parlimen Indonesia yang mahu pemerintah Indonesia menyaman kerajaan Malaysia kerana menggunakan lagu tradisonal mereka iaitu Rasa Sayange dalam kempen ‘Malaysia: Truly Asia’ bagi menarik kemasukan pelancong asing.

Warisan

Lagu tersebut dikatakan sudah menjadi warisan sejati republik itu dan penggunaannya perlu mendapat keizinan daripada negara berkenaan terlebih dahulu.

Menurut Rais, pemimpin-pemimpin di Indonesia patut melihat lagu-lagu rakyat Nusantara sebagai medium untuk memupuk keharmonian dan hubungan dua hala di antara negara dan bukan untuk berbalah dengan Malaysia.

Gesaan itu, ujarnya, menunjukkan ahli Parlimen Indonesia yang terlibat tidak memahami makna budaya Nusantara serta mempunyai pemikiran yang mundur.

‘‘Lagu-lagu rakyat Nusantara tidak boleh dituntut oleh mana-mana negara kerana ia telah lama wujud melalui masyarakat pedagang dan tersebar di seluruh Nusantara sejak zaman Sri Wijaya lagi iaitu pada abad keenam hingga 13,’’ jelasnya.

Beliau berkata, rakyat Nusantara bermakna semua penduduk alam Melayu iaitu Malaysia, Indonesia, Selatan Thailand, Singapura, Brunei dan sebahagian daripada masyarakat Melayu minoriti Afrika Selatan serta Sri Lanka.

Aku paling bersetuju apabila menteri kita mengatakan ahli Parlimen Indonesia yang terlibat mempunyai pemikiran mundur dalam kata-kata lain minda kelas ketiga. Bravo, Datuk Seri Rais Yatim. Rasa sayang hey, rasa sayang sayang hey.....

10 comments:

  1. itu lagu Maluku
    Maluku ada di Indonesia
    That's it!

    ReplyDelete
  2. Enteng menambahkan, di Tanah Air lagu Rasa Sayange juga menjadi 'rebutan' antara rakyat Ambon dan rakyat Manado.

    "Jangankan Malaysia, di Manado saja main klaim," kata ayah mantan penyanyi cilik Joan Tanamal itu.

    -baca yang di atas itu. Dipetik dari akhbar detiknews
    -kamu sesama Indon pun masih berebut lagu ini.

    ReplyDelete
  3. yah barrti dah jelas dong datengnya dr indonesia....
    ngeles aja nih!

    ReplyDelete
  4. Memang betul "PENDATANG HARAM INDON - PATI" tak tahu malu datang ke Malaysia sebagai perampok, pencuri, pecah rumah orang.

    Bangsa indon memang tak tahu malu..
    tahu merampok saja..

    ReplyDelete
  5. saya tidak membenci malaysia..saya hanya membenci orang malaysia yang tidak beradab seperti banyak orang malaysia yang comment disini,berkata tidak pantas..Jangan membahas bencana alam dan pemboman,karena DR AZHARI berasal dari MALAYSIA,dan azab Tuhan akan datang kepada engkau yang arogan MALAYSIA,karena engkau membahas bencana alam yang menimpa manusia2 tak berdosa..Dunia pun mengirim simpati dan doa kepada korban bencana alam di Indonesia..Kenapa engkau begitu picik..

    Tapi masih ada rakyat malaysia yang WELL EDUCATED & Fair -> Look at this one..
    http://rantingsbymm.blogspot.com/2007/01/exporting-creativity-not-just-labour.html

    ReplyDelete
  6. Kami di Indonesia mengakui kalau lagu Rasa Sayange adalah lagu daerah Maluku. Yang aneh adalah, Malaysia yg jauh dari Maluku malah mengakui lagu tsb. merupakan lagu rakyatnya juga.

    Dalih licik / Dungu Malaysia, bila terdesak berargumen selalu mengatakan: Itu kan makanan, lagu, seni, budaya Nusantara. Dan Malaysia merupakan bagian dari Nusantara juga. Nah, sekarang kita tahu bahwa segala sesuatu yg berasal dari Nusantara, Malaysia bebas mengakui sebagai miliknya (ini logika IDIOT, karena Nusantara terbagi2 menjadi banyak suku, banyak budaya, banyak istiadat, dst. yg memiliki seni, jenis makanan & budaya masing2, di mana tidak bisa seenak udel suku lain mengklaim bahwa budaya, seni, dll. sebagai miliknya)

    ReplyDelete
  7. Kami di Indonesia mengakui kalau lagu Rasa Sayange adalah lagu daerah Maluku. Yang aneh adalah, Malaysia yg jauh dari Maluku malah mengakui lagu tsb. merupakan lagu rakyatnya juga.

    Dalih licik / Dungu Malaysia, bila terdesak berargumen selalu mengatakan: Itu kan makanan, lagu, seni, budaya Nusantara. Dan Malaysia merupakan bagian dari Nusantara juga. Nah, sekarang kita tahu bahwa segala sesuatu yg berasal dari Nusantara, Malaysia bebas mengakui sebagai miliknya (ini logika IDIOT, karena Nusantara terbagi2 menjadi banyak suku, banyak budaya, banyak istiadat, dst. yg memiliki seni, jenis makanan & budaya masing2, di mana tidak bisa seenak udel suku lain mengklaim bahwa budaya, seni, dll. sebagai miliknya)

    ReplyDelete
  8. Iya dong,

    kamu orang indon punyai banyak dosa.

    Satu lagi gunung berapi di pulau jawa sudah mula mengeluarkan gas dan debu beracun.. mungkin juga akan meletup.

    Oleh itu insaf lah wahai orang indon, bertaubatlah kamu segera. kamu punyai banyak dosa.

    ReplyDelete
  9. 1) Apa artinya kata "BATIK" menurut "tata bahasa melayu malaysia"?

    Keterangan:
    a)This article is about the textile dyeing technique. For other uses see Batik (disambiguation).

    Indonesian batik fabricBatik (Javanese-Indonesian pronunciation:[ˈba.te ʔ], but often, in English, is [ˈbætɪk] or [bəˈti&# 720;k]) is an Indonesian word and refers to a generic wax-resist dyeing technique used on textile. The word originates from Javanese word "amba", meaning ”to write” and the Javanese word for dot or point, "titik."

    versi bhs Indonesia:
    Batik Kata Batik berasal dari bahasa Jawa "amba" yang berarti menulis dan "titik". Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan "malam" (wax) yang diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna (dye), atau dalam Bahasa Inggrisnya "wax-resist dyeing".
    Jadi, BATIK adalah berasal dari bahasa Jawa (Indonesia), bukan Malaysia.
    Lihat:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Batik
    http://id.wikipedia.org/wiki/Batik

    b) Batik motif PARANG diakui (dipatenkan) sebagai karya seni asli malaysia. Kenapa malaysia bertindak seperti itu?(Apakah malaysia tidak mengetahui kalau batik motif Parang adalah asli karya seni Jawa Tengah (Yogya), yaitu karya seni dari daerah PARANG TRITIS Yogyakarta, karena itulah dinamakan batik motif PARANG)
    Adakah orang malaysia yg dapat menjawab pertanyaan ini (barangkali Pak Yatim yg menteri kebudayaan malaysia bisa menjawab)

    2)Rais minta Radio ERA henti spekulasi Negaraku lagu ciplak (lihat link: www.malaysia-today.net/blog/2005/10/ )

    Keterangan:
    Ternyata memang terbukti, malaysia adalah bangsa plagiator, sampai2 mentri kebudayaannya marah2 pada radio ERA malaysia (wakakakakakakk....!!)

    3) Apakah kata NONA merupakan bahasa publik / umum digunakan di malaysia?(karena menurut kamus bahasa melayu malaysia, NONA sebangsa buah2an. Ada juga yg menyebut NONA = panggilan bagi perempuan yg belum menikah (melayu: berkahwin). Cuma saja, kamus2 melayu malaysia tsb baru disusun tahun2 belakangan / masih sangat BARU). Berarti kata NONA, tdk lazim digunakan di malaysia. Tetapi knp tiba2 muncul lagu rasa sayang yg syairnya ada kata2 NONA? Apakah memang lagu ini merupakan lagu rakyat malaysia?

    4) Apakah arti kalimat "Rasa Sayang hey" pada lagu Rasa Sayang versi malaysia (hasil jiplakan dari Rasa Sayange Maluku-Indonesia)?

    5) Baca kejelekan malaysia di link bawah ini:
    http://malays.wordpress.com/
    http://www.sepiamutiny.com/sepia/archives/003 ...
    http://yeinjee.com/malaysia/

    6) Ada yg mengklaim bahwa bahasa MELAYU merupakan bahasa asli "dari" Malaysia. Ternyata tidak benar, karena bahasa MELAYU adalah berasal dari wilayah Indonesia (dari Sumatera Selatan). Coba baca link di bawah ini:
    http://ms.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Melayu

    7) Kata-kata NUSANTARA, sekarang ramai digunakan di Malaysia. Awas, nanti diklaim juga sebagai istilah asli Malaysia.
    Keterangan:
    NUSANTARA:
    Nusantara ialah sepatah kata majmuk yang berasal daripada dua perkataan bahasa "Jawa kuno", iaitu nusa (pulau) dan antara (lain).
    Lihat link:
    http://ms.wikipedia.org/wiki/Nusantara

    Di Indonesia, contoh kata-kata Nusa untuk penamaan:
    Nusakambangan
    Nusalarang
    Nusa Tenggara
    Dst.

    Namun, kami (Indonesia) mafhum untuk bangsa Malaysia yg baru mencari2 Jatidirinya (akar budayanya tidak jelas), sehingga wajar mencaplok/ mengakui sana-sini kesenian, budaya, masakan, pulau, dll. negeri lain. Untuk rekanku Indonesia, nggak apa2 berikan saja apa yg Malaysia inginkan, karena mereka masih mencari jatidirinya yg tidak jelas,

    ReplyDelete
  10. Aku kagum dengan Negarawan Malaysia Bapak Anwar Ibrahim (Tokoh Malaysia yg. sangat bersih, sederhana, berkepribadian luhur, tinggi sopan-santunnya). Beliau adalah benar-benar Mr. Clean.
    Andai saja Beliau yg. menjadi perdana menteri Malaysia, mungkin, kita (Indonesia & Malaysia) akan dipenuhi dengan kerukunan, kasih sayang & saling menjaga Sopan Santun.
    Memang, untuk menjaga hubungan baik bertetangga itu, salah satunya harus mengedepankan Sopan-Santun, selalu menimbang segala hal yg. akan diperbuat agar di kemudian hari tidak akan menimbulkan masalah.
    Kunci dari hal tersebut di atas adalah, jiwa besar, rendah hati, jauh dari rasa congkak & tinggi hati, juga chauvinisme yg berlebihan.

    ReplyDelete