Saturday, 8 August 2009

Indonesia Klaim Bahasa Cina?

Rakyat Indonesia rata-rata menggunakan perkataan gua atau gue (saya) dan lu atau loe (kamu) sebagai ganti diri. Perkataan ini digunakan sebagai bahasa percakapan (gaul) di Indonesia padahal ia bukan bahasa Indonesia!

 

Sila rujuk wikipedia.

 

Some of the many words of Chinese origin (presented here with accompanying Hokkien/ Mandarin pronunciation derivatives as well as traditional and simplified characters) include pisau (匕首 bǐshǒu - knife), loteng, (樓/層 > 楼/层 = lóu/céng - [upper] floor/ level), mie (麵 > 面 miàn - noodles), lumpia (潤餅 (Hokkien = lūn-piáⁿ) - springroll), cawan, (茶碗 cháwǎn - teacup), teko (茶壺 > 茶壶 = cháhú [Mandarin], teh-ko [Hokkien] = teapot) and even the widely used slang terms gua and lu (from the Hokkien 'goa' 我 and 'lu' 汝 - meaning 'I/ me' and 'you'). [Sumber]


Apabila bahasa asing digunakan sebagai ganti diri, ini adalah sesuatu yang amat memalukan. Khilaf mereka, kedua-dua perkataan gua (gue) dan lu  (loe) itu adalah kata serapan. [Sumber].

Tapi yang peliknya, kenapa mereka begitu berbangga menggunakan perkataan serapan Cina ini padahal bahasa Melayu mempunyai perkataan saya dan kamu. Malah, rakyat Indonesia tidak sedar diri mengklaim, gue dan loe itu adalah bahasa Indonesia. Ingatlah Indonesia, Bahasa Jiwa Bangsa. Tidak perlu mengklaim dan maling bahasa Cina sebagai bahasa gaul.

p/s-Bagi aku, apa nak hairan? Mereka kan tukang klaim? Tunggu aja, bahasa India nanti bakal dimaling Indonesia.

69 comments:

  1. nth2 nnt diorg cakap roti canai, capati, kuah dal, kari sme2 tu, mak bapak diorg punye gak.

    tggu r sket ari g, mau diorg claim piramid, eifel tower, statue of liberty etc. tu yg indo punye gak.

    senang cite wahai warga indo, ko claim bumi ni milik korang r senang, abis cite. amek sume, simpan wat pekasam (tau pekasam x?)

    ReplyDelete
  2. pekasam pun dorang punya gak ke?

    ih ih ih.. makan ikan masin gak la.. ikan masin pun dorang punya gak..

    makan jeruk je la..

    jeruk pun dorang punya gak..

    woi.. makan korang je lahhh!!!

    (uwekk.. tak selero ese)

    ReplyDelete
  3. Rata rata indo tidak tahu bahasa melayu,tapi yang peliknya rata2 orang malaysia tahu bahasa indo kenapa ?
    1.bangsa indo tidak menerima bahasa lain selain bahasa indonesia.
    2.ia suka melecehkan bahasa melayu.Baginya bahasa indonesia adalah yang terbaik.
    3.Indonesia mengamalkan berfikiran sempit.
    4.Irihati pada bangsa melayu pada hal ia tahu bangsa melayu itu lebih baik dari bagsa ia.
    5.Suka mendabik dada kerana negaranya besar dan suka membandingkan malaysia dan indonesia,ianya adalah lebih baik dari segalanya.

    Saya guna perkataan indo dan tidak mengunnakan perkataan indon, supaya ia sedar orang malaysia masih menghormati bangsa indonesia.

    ReplyDelete
  4. @zihar
    bagi saya perkataan indon sudah amat sesuai,bagi saya tak ada apa salahnya,bukan salah ibu mengandung,cuma mereka aja rasa rendah diri bila dipanggil indon,bagi kita tak ada apa-apa betul tak?salah mereka juga suka buat simplified menteri luar jadi menlu,pilpres,pemilu,sebenarnya bukan kita yg mulakan,ini adalah dari mulut tki sendiri,saya sendiri pernah berbual dengan mereka(tki),mereka akan kata umpamanya-bulan depan saya nak balik indon sambut puasa,indon sekarang banjir.
    yg peliknya sekarang ni diorang pulak marah bila kita panggil indon.
    pelik kan?

    ReplyDelete
  5. well done brother arez,bongkar lagi kemunafikan bangsa indon bangsa yg paling hina didunia ini

    ReplyDelete
  6. setelah dibuat penelitian indon adalah kaki klaim
    siapa sangka indon yg mengaku kaya budaya sebenarnya adalah maling
    lihat ini senarai indon jadi maling

    makanan
    tempe asalnya jepun
    kicap,tahu,nasi bebek asalnya china
    sambal belacan,nasi lemak,roti canai,teh tarik asalnya malaysia

    muzik
    dangdut asalnya india
    keroncong asalnya portugal
    mbah surip tiru penampilan raggae bob marley

    batik(dye painted on textile) asalnya dari china

    lagu indonesia raya asalnya lagu belanda (leka,leka)

    bendera tiru bulat-bulat bendera monaco

    bahasa
    gratis asalnya dari bahasa sepanyol
    loe,gue asalnya dari bahasa china hokkien
    lonte asalnya dari bahasa belanda

    wayang kulit,jaipong,reog,kuda lumping,barongan,gamelan
    dari pengaroh hindu (ramayana,bhagawatgita,mahabra ta,pancatantra dll)

    mana ada budaya indon yg asli?

    indon adalah negara maling no 1

    ReplyDelete
  7. ngiri ya bos??? peduli amat sih loe ma negara gw. urusi saja akhlak kalian, sebelum berkomentar tentang negeri orang.

    kami tidak mengklaim itu sebagai bahasa kami, itu adalah bahasa serapan. so wajar karena di negara kami juga banyak etnis cina. jadi apakah di negara kalian tidak ada?? pasti kalian disana juga pake bahasa serapan yang entah itu serapan dari india, arab, atau bahkan serapan dari bahasa inggris.

    so, saran gue. daripada loe capek buat nyari2 kesalahan orang. bukankah lebih baik berkarya. tunjukkan sesuatu yang bisa dibanggakan dari dirimu. tunjukkan pada negaramu, pada kami, dan pada dunia. jika seandainya itu memang bisa kau lakukan, kami pun akan menghargainya.

    sayang sekali jika umurmu hanya dihabiskan untuk menghujat dan mencari-cari kesalahan orang. bukankah itu tidak patut untuk akhlak seorang muslim (jika kamu muslim).

    jika kamu mau berkawan, silahkan balas post ini ke mail saya. ridz.afandi@gmail.com

    change your mind,,

    ReplyDelete
  8. kalau kamu kaya budaya semestinya kamu berbahasa,
    kalau kamu berjiwa besar semestinya kamu tidak menghina,jadi
    jangan marah kalau kamu dicuri
    kerana diri kamu sendiri adalah pencuri

    ingat tu indon

    ReplyDelete
  9. Ya Allah bodohnyer mamat Indon ni. Still lagi nak claim tempe, batik, belacan, etc. Bahlol btol korang ni. Narrow minded yg teramat sgt.

    ReplyDelete
  10. kenapa kawan? kenapa selalu pakai emosi?
    kamu mengatakan orang lain bodoh belum tentu kamu sendiri pintar. Allah memberikan kelebihan kepada masing-masing dari kita.

    Tentang masalah claim, coba kalian baca posting saudara sebangasa kalian dan saudara ku juga di http://republic-of-liger.blogspot.com saya setuju dengan pendapat teman kalian itu.

    jadi buat apa meributkan masalah claim budaya, bahasa atau apapun itu. karena sumber dari semua kekayaan itu adalah datangnya dari Allah. tuhanku dan tuhanmu.

    ReplyDelete
  11. saya amat bersetuju dengan ridwan, urusan claim budaya, bahasa atau apapun itu tak perlu dibisingkan. jika malaysia menggunakan lagu rasa sayange dalam jingle pariwisatanya, indonesia harus menerimanya. begitu dgn malaysia. itulah yang dinamakan serumpun.

    ReplyDelete
  12. klaim bahasa china jigongmu! bahasa china sama sekali tidak di klaim oleh indonesia. buktinya kata-kata seperti gue atau lu tidak dimasukkan dalam bahasa baku/resmi indonesia.

    ReplyDelete
  13. dan soal bendera, bendera indonesia diilhami dari warna bendera kerajaan majapahit. dan warna merah dari warna gula aren. kalau tidak percaya, cari saja di wikipedia. cari artikel tentang bendera indonesia, karena artikel di wikipedia dijamin netral.

    ReplyDelete
  14. ngomong ngomong, untuk orang malaysia yang ingin mengkomentari saya, bisa dihubungi e mail saya di
    pandu.saksono@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  15. buktinya kata-kata seperti gue atau lu tidak dimasukkan dalam bahasa baku/resmi indonesia.
    Oh iya, tapi kenapa ya rata-rata rakyat indon lebih suka menggunakan "lu gue" dari bahasa kalian sendiri? katanya berbangga dengan bahasa Indon. akhirnya, cina juga diguna sebagai bahasa gaul. malu dehhhh.

    ReplyDelete
  16. bahasa gaul indonesia merosakkan keaslian bahasa indon

    liaht sahaja...perkataan turis....kenapa bodoh sangat digunakana perkataan turis tu, sedangkan boleh pakai perkataan pelancong

    lama2 generasi akan datang indon, keliru kenapa bahasa mereka jadi begitu...

    ReplyDelete
  17. banyak lagi mas, rumah sakit (kok rumah bisa sakit di indon). rumah duka (waduh, rumah pun bisa berduka sihhhh).... HAHAHA. Lucu banget sih bahasa Indon.

    ReplyDelete
  18. tidak boleh begitu kawan, bahasa kami biarlah bahasa kami. setiap bahasa memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. sama seperti saya yang juga menghargai bahasa kalian. tidak berhak bagi seseorang menghina suatu bahasa karena berarti juga menghina kebudayaan yang menciptakan bahasa tersebut.

    saya bukannya sombong, namun dibeberapa universitas di australia studi tentang bahasa indonesia sudah masuk kedalam kurikulum pendidikan mereka.

    sekali lagi saya mengajak, sudahlah hentikan provokasi-provokasi yang saling menghujat dan menjelekkan satu sama lain. tak ada gunanya bagi kita. ingat tuhan menjadikan kita bersuku-suku, ras, agama, bahasa, dan bangsa adalah untuk saling mengenal dan berkawan, bukan untuk saling bermusuhan.

    salam damai dari negara sahabat.

    ReplyDelete
  19. tima kasih ridwan.
    komentar sebegini yg sudah lama saya nantikan dari negara jiran.

    ReplyDelete
  20. Hanya orang orang naif dan picik bila memandang manusia hanya dari warna kulit, logat bicara, banyak harta maupun asal daerah.
    Tidak menghargai manusia ciptaan Tuhan sama saja tidak mengharga sang pencipta-Nya.
    Perbedaan diciptakan untuk keindahan, dan tercipta begitu luarbiasa tanpa bisa dijangkau akal pikiran kita.
    Bayangkan saja kalau dunia ini sama isinya.. begitu membosankan.
    Manusia diciptakan dengan sebongkah kecil otak untuk berpikir dan berbuat. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan otak kecil kita, dipakai untuk kebaikan atau keburukan.

    ReplyDelete
  21. blog tidak bermutu,belajar la dari masa lalu malingsia...sombong bener ni blog..awak pikir budaya tiba2 muncul..semua ada proses kemudian ada penyesuaian bukan tukang jiplak ma klaim kayak bangsa awak..

    ReplyDelete
  22. haha..dah orang ko bawak budaya tu kat sini...so nk biarkan aje budaya tu mati?... haruslah dey all memperkembangkannya..sehingga ke anak cucu mereka sampai sekarang. Budus..belajar la menerima kenyataan wahai hanjing2 Indons

    ReplyDelete
  23. Kalo blog tidak bermutu..masakan ko ke sini??... malu deh. Pegi la melawat blog yang lagi tidak bermutu dan kampungan mu itew..yang hanya orang Indon melawat iteww.. http://www.malingsia.com

    ReplyDelete
  24. Maaf. Tentang bahasa china Indonesia tidak mengklaimnya.
    Karena di Indonesia cukup banyak penduduk yang berasal dari china, sehingga budaya china bercampur baur. Mungkin hanya namanya saja, tapi kan tetap kreasi bangsa indonesia. Sudahlah. Tidak usah bertengkar. Saya tidak membalas. Kalau malaysia memang mungkin juga seperti bangsa indonesia. Namun, jika tidak juga tidak apa apa. No problemo.
    Lagi pula semua bahasa pasti ada campuran/serapan dari bahasa lain. Contoh bahasa indonesia:-Bakmie,Bakpau,SioMay,Bakso,etc dari China
    malaysia: Hospital, Goverment, pemakaian s sebagai kata pernyataan lebih dari 1 dan banyak lagi dari Inggris/English Karena bekas jajahan England. Sedangkan indonesia bekas jajahan belanda sehingga ada kata-kata yang mirip. Untuk china , dulu memang banyak perantau/pebisnis yang menuju ke indonesia. Seperti orangtua pemilik salah satu bank swasta di indonesia.

    ReplyDelete
  25. "loe gue" itu sebenarnya bukan asal jiplak bahasa China tapi "loe gue" itu bahasa China yg diserap oleh bahasa Betawi sejak ratusan tahun yg lalu (Batavia/Jakarta dulu adalah bandar laut yg banyak dikunjungi pedagang China & sampai sekarang masih banyak keturunan China yg tinggal di Jakarta) dan Jakarta sekarang adalah pusat pemerintahan, wajar kalau istilah "loe gue" begitu popular..
    Dan, satu lagi.. di Indonesia juga banyak etnis China yg melestarikan budaya nenek moyangnya..
    jadi ya sudah merupakan suatu kelumrahan,seperti halnya bangsa Malaysia memakai istilah dari bahasa English karena Malaysia adalah pernah dijajah UK, Saya tak pernah mengejek itu..karena sejauh yg saya sebagai siswa yg mempelajari ilmu antropologi sadar benar kalau dalam kebudayaan ada pengaruh dari unsur budaya lain (akulturasi)

    ReplyDelete
  26. "loe gue" itu bahasa China yg diserap oleh bahasa Betawi
    Hahaha, tak tau nak komen, lawak ke bodoh yg kata loe gue tu China serap dari Indon.... Lawak lawak... Pecah perut aku.

    ReplyDelete
  27. MALAYSIA ANJING............

    ReplyDelete
  28. orang yg quote komentar gwe kok goblok banget ya??
    gak bisa ngerti maksud yg gwe omongin...
    uah gitu, sok tau lagi...
    cape deh...

    ReplyDelete
  29. "loe gue" itu bahasa China yg diserap oleh bahasa Betawi
    Hahaha, tak tau nak komen, lawak ke bodoh yg kata loe gue tu China serap dari Indon.... Lawak lawak... Pecah perut aku.


    saya bilang: aduh kamu bodoh, ga ngerti bahasa ya jangan ngeyel, MIKIR DULU DONG!!! siapa yang bilang cina serap bahasa indonesia? ha ha goblok! diseluruh dunia itu ga ada bahasa yang benar2 asli, kcuali akar2 bahasa, diamana2 pasti bahasa serapan.....emang di malaysia bukan nyerap bahasa inggris semua ya? dasar geer - gede rasa- lo!


    banyak lagi mas, rumah sakit (kok rumah bisa sakit di indon). rumah duka (waduh, rumah pun bisa berduka sihhhh).... HAHAHA. Lucu banget sih bahasa Indon.
    knapa rumah sakit, rumah duka?

    saya bilang; ya iyalah! itu kan bahasa kita, daripada kalian, apa coba bahasa kalian buat rumah sakit? ga punya kan? lagian di bahasa Indonesia sendiri itu ada pelajarannya...ga ngerti jangan ngejek


    Oh iya, tapi kenapa ya rata-rata rakyat indon lebih suka menggunakan "lu gue" dari bahasa kalian sendiri? katanya berbangga dengan bahasa Indon. akhirnya, cina juga diguna sebagai bahasa gaul. malu dehhhh.

    saya bilang: siapa bilang? lu gue itu cuma bahasa ga sopannya, lebih banyak yang aku kamu, daripada lo gue di indonesia, ya itu karna kalian ga tau budaya disini...


    batik itu dari jawa, trus klo misal kalian bilang batik itu dari cina dan indonesia klaim itu, trus knapa malah kalian sendiri yang klaim batik? aduh ...apa lagi tari pendet? GOBLOK! keliatan bodohnya
    siapa orang malaysia yang berani menjelaskan kenapa pake tari pendet buat promosi? maling lagi kan? maluuuuuu jadi orang makaysia, amit amit, naudzubillah

    ReplyDelete
  30. siapa pun yg buat blog ini....jangan asal buat blog.....baca berbagai sumber dulu,ngaca dulu donk.....beberapa kali kalian mengklaim suatu kebudayaan orang??????,sekarang siapa yg malu????
    jd jngan asal bacot.......

    ReplyDelete
  31. woi...tari pendet tuh dari bali..,dari mana malaysia punya tari bali???dasar gak tau malu....maling.......malingsia...!!!!

    ReplyDelete
  32. i'm an australian, i understand bahasa indonesia (but well, i'm not sure if i can write or speak right)and after reading all the comments, idk why, but i think that malaysian are so emosional. it's like they don't care and respect what other people think. and it's not really good you know. i usually spent my summer in bali. so i know really well that 'tari pendet' is came from bali, indonesia. please stop fighting. peace!

    ReplyDelete
  33. i'm proud to be indonesia!25 August 2009 at 00:25

    DASAR GOBLOK, NGAMBIL REFERENSI DARI WIKIPEDIA, JELAS-JELAS WIKIPEDIA ITU BISA DIRUBAH...
    TAUNYA CUMAN MALING DARI WIKIPEDIA DOANG SIH, GAK TAU KALO WIKIPEDIA BISA DIRUBAH-RUBAH...

    ReplyDelete
  34. wkwkwk...
    bahasa malay itu bahasa kampung sok modern..
    berantakan tata bahasa nya..
    sampe sekarang aja gw masih ketawa,
    klo malay marah2..
    lucu kata2 nya..
    hihihihi

    ReplyDelete
  35. lu dan gue bukan bahasa indonesia. jangan mencela jika tidak tahu.
    Indonesia terdiri dari beribu suku daerah yang memiliki beribu bahasa daerah. sehingga ada bahasa Indonesia yang merupakan serapan dari berbagai bahasa yang umum digunakan. untuk mempermudah komunikasi.
    tidak seperti negara anda yang merupakan bangsa melayu. tetapi mengapa jika berbicara dengan teman dari malaysia mereka lebih sering berbicara english? apakah karena negara kalian hadiah dari kerajaan inggris?

    sudahlah jangan terlalu sering saling mencela. memalukan sekali.

    ReplyDelete
  36. buat yang punya blog : ga usah nyari ribuutt deeh..urusin aja negri kaliaann..biarin kami dgn budaya kami...dan kalian dgn budaya kalian..
    JANGAN AMBIL BUDAYA KAMI!
    warga malaysiaaa trusslaah kreatiifff...
    jangan selalu mencemooh laah..
    semua orang udah tau kalii kalian gimanaa..

    ReplyDelete
  37. nyahahahahhah ...
    mempermasalahkan bahasa ...
    well, by the way, di translate google bahasa maling ad g ya ??? owh, g ad ... ato di app web2 lain ad g ya ??? wah, jrng bgt, beda sama indonesia, bahasanya ada trus, coz di akui ...

    bahasa cmpur aduh tanpa indentitas yang di akui aja udah coba2 hina bahasa orang, yg jelas2 di akui dunia ...

    hmpt, ewe lah sia anjing goblog ...
    gelut jeung aink sia goblog !!!!!!

    ReplyDelete
  38. kita rasa HAK kita, tapi bukan HAK kita, nampak macam HAK kita, tapi HAK orang lain, walaupun pada hakikatnya HAK kita, tapi sebenarnya hanya pinjaman dari yang MAHA HAK, namun bukan semunya di pulangkan kepada yang berHAK tapi ada HAK lain yang lebih berHAK rupanya.. HAK tu yang patut dapat HAK ni, sebab tu HAk depa semua..bla bla bla bla.. korang fikir la sendiri..

    ReplyDelete
  39. di indonesia ada ratusan lebih bahasa daerah yaaa

    n cuman satu bahasa yang mempersatukan semua yaiutu bahasa indonesia,

    gak kayak malaysia,cakap pakai bahasa melayu capur inggris..

    udalah aneh bin jelek....

    gak menghargai bahasa ibu kalian ya...

    ReplyDelete
  40. malaysia klaim tari pendet dari bali, rendang dari padang, reog dari jawa,
    malaysia miskin ia?
    anjing yang haram aja tidak pernah klaim budaya negara lain,
    kok malaysia lebih hina dari anjing?
    macam pulut lah
    :)

    ReplyDelete
  41. TARI PENDET IS FROM BALI, INDONESIA. ARE YOU BLIND MALAYSIA??
    REOG PONOROGO IS FROM CENTRAL JAVA, INDONESIA, ARE YOU BLIND MALAYSIA??
    RENDANG IS TRADITIONAL FOOD FROM WEST SUMATRA INDONESIA, ARE YOU BLIND MALAYSIA?
    BATIK IS FROM CENTRAL JAVA, ARE YOU BLIND MALAYSIA??

    MAY ALLAH SUBHANA WATAALLA FORGIVE U !!

    ReplyDelete
  42. Mahatir said:

    kita harus belajar banyak pada saudara tua kita, Indonesia, disana kebebasan demokrasi dijunjung tinggi, kebebasan pers diagungkan, hal yang masih menjadi mimpi di negeri kita ini...apalah artinya kita kaya, tapi sebenarnya semu...cuba anda fikirkan dg masak...

    ReplyDelete
  43. bnyak ckap kau org malayshit..

    ReplyDelete
  44. Astaghfirullah...,subhanallah..,mengapa semua saling memaki!!! mengapa semua saling umpat, saling hujat, saling sikut, saling merasa benar!!!
    Sadarlah para ikhwan...
    Bukankah kita ada supaya dapat saling mengenal?? bukankah nilai plus kita disisi Tuhan adalah yang paling "takut" kepadaNya...??!!!

    ReplyDelete
  45. rata2 orang indonesia tidak mengerti bahasa melayu tetapi orang malaysia mengerti bahasa indonesia..kenapa???

    bcz its obvious..
    MALAYSIA = INDONESIA WANNA BE..!!
    hahahahaha..

    ReplyDelete
  46. Dear aiCHa
    rata2 orang indonesia tidak mengerti bahasa melayu tetapi orang malaysia mengerti bahasa indonesia..kenapa???
    jawapannya senang aja sihhhh.. karena orang indonesia, TOLOL dan BEGO semuanya hahahahaha..

    ReplyDelete
  47. Kata Gua dan Loe adalah serapan bahasa para penduduk indonesia yg merupakana keturunan tionghoa...karena sudah menyatu dengan kehidupan masyarakat maka terjadi asimilasi budaya sehingga mjd budaya bangsa...jadi asal usul kata tsb sudah mengalami proses panjang secara logis... yg tidak logis adalah orang2 malaysia yg hanya bisa menuduh sembarangan tanpa mengetahui asal usul budaya indonesia...mereka tau apa sih???!!!

    kenapa org malaysia bisa berbahasa indonesia???
    karena dulu Malaysia pernah mengemis2 agar GURU-GURU indonesia mengajar para penduduk malaysia yg saking bodoh dan miskin sampai ga punya tenaga ahli pendidikan..!!!

    Ingat!! jgn lupakan siapa yg dulu pernah memberi malysia pendidikan...

    jgn menjadi kacang yg lupa kulitnya..!!!!

    ReplyDelete
  48. dari mana orang indoesia tahu bahasa cina?
    bahasa cina itu tidak mudah gampang dimengerti...
    jadi jangan asal tuduh sembarangan

    ReplyDelete
  49. ehem gini ya.. indonesia ga pernah meng-klaim kalo bahasa gw loe itu bahasa indonesia. itu bahasa kan didapat juga dari proses. pengaruh globalisasi juga kali. kaya orang melayu ga sepenuhya sekarang menggunakan bahasa melayu. pasti juga ada selipan beberapa kata yang bukan bahasa melayu. lagian so what gitu make bahasa baru. menggunakan bahasa baru kan bukan berarti melupakan bahasa sendiri. selama masih hidup kenapa ngga buat mencari hal baru dan belajar tentang banyak hal. dan yang saya pelajari saat ini adalah GA BAGUS MEMBUKA AIB ORANG. KALO NGERASA UDAH BENER BARU BOLEH MENGKRITIK. ALLAH JUGA NYIPTAIN UMATNYA PUNYA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN. DI DUNIA INI GA ADA YANG SEMPURNA. MAKANYA JANGAN ASAL BUKA AIB ORANG. INTOSPEKSI DULU DIRI SENDIRI.


    -orang yang cinta damai, ms.A-

    ReplyDelete
  50. heh , siapa sih nih yg bikin blog?
    nge fans ya sama indonesia ? sampai-sampai apa yg terjadi di indonesia selalau di publikasikan najis dah gue mah jadi kalian , bacot doang lo malysia , dan asal kalian semua tau : Saya dan dan semua rakyat di indonesia bannga menjadi bangsa indonesia dan asal kalian tahu kalian itu engga kreatif buktinya musisi musisi asal indonesia terkenal bgt kan di malaysia? hahaa , gue mah kalo jadi kalian pulang kampung

    ReplyDelete
  51. JABLAYSIA THE TRULY OF ASIA//
    MISKIN BUDAYA hanya ada 3ETNIS besar di MALAYSIA so,mereka MIskin Kebudayaan..
    1.MELAYU (ASAL MUASAL DR CHINA SELATAN)
    2.CHINA
    3.INDIA
    BANGSA MELAYU ITU BERASAL DARI CHINA''
    sekarang jamannya internet Blay gak bisa di bohongin lg!!!!

    ReplyDelete
  52. EH MALAYSUCK GOBLOK, LO BLAJAR AKULTURASI BUDAYA GA C?,ITU TUH BAHASA BETAWI, N BETAWI ITU SALAH SATU SUKU BANGSA DI INDONESIA..MALAYSUCK NGIRI Y GA PUNYA BANYAK SUKU BANGSA!!!!

    ReplyDelete
  53. Eh malay goblok!!!,budaya indo ada ribuan, lw jangan cuma ngliat jawa aja tolol, kita punya budaya minahasa, bugis, papua, dan banyak lagi,..mau lo colong juga??

    ReplyDelete
  54. Intinya udahlah.. Knp dr awal mpe skrg org2 cina or keturunan pain jg dtg ke indo bw2 eeq! Pergi sana kl g seneng

    ReplyDelete
  55. BODOH. gw sama lw tuh PELESETAN. EMANG BUKAN BAHASA INDONESIA YANG BENAR DAN BAKU.

    lagian keturunan cina di indo juga banyak. GA SENENG?

    dan keturunan cina ini juga ORANG INDONESIA.
    masih banyak yang ngomong hokkian.

    kalo gitu kalo ngomong bahasa inggris mengklaim juga??!!

    KONYOL

    ReplyDelete
  56. Heran aku.. kalau indo guna bahasa cina tak pulak ckp indo claim bahasa cina.. kat malaysia pon takde org claim budaya indo.. cuma ada budaya indo yang di praktikkan kat malaysia kerana ada org malaysia yang asal keturunannya dari indo..

    ReplyDelete
  57. you're a big shitt AREZEO!!

    ReplyDelete
  58. halo halo semua orang indonesia.. sabar.. diemin aja orang malaysia mau ngomong apaan. mereka itu iri sama negara kita yang kaya akan budaya, sumber daya alam dan sumber daya manusia kita yang lebih maju,kreatif dan luas dibandingkan malaysia.
    jangan emosi.. kita orang indonesia punya adat istiadat yang baik dan manner yang baik juga. tidak seperti malaysia yang hanya bisa bicara dan merendahkan indonesia saja.
    blog ini adalah bukti bahwa orang malaysia iri dan tidak punya etika sopan santun serta kemanusiaan. sebelum men judges negara lain silahkan instrospeksi negara kalian sendiri dahulu.

    ReplyDelete
  59. Setuju. Kita, rakyat Indonesia, tidak usah melayani ocehannya. Terutama di Bulan Suci Ramadhan ... Ini sudah menjadi penyakit kronis Malaysia. Karena bukan hanya ini dan bukan kali ini. Do'a bagi yang didzalimi akan terbukti. Insya Allah ...

    ReplyDelete
  60. malaysia yang gak seberapa itu cuiihhhhhh

    ReplyDelete
  61. eh siapa bilang kami mengakui tuh bahasa kami dan mengklaim bhasa kami ngaak tuh itu cuman bahasa yg dipakai sebagian kaum muda agar bahasanya tidak baku...
    lebih baik jangan memfitnah dulu....

    ReplyDelete
  62. woi sejak kpn gue lo itu bahasa indonesia?bego dah itu bhs betawi.daripada malaysia budaya2 indonesia di klaim

    ReplyDelete
  63. Orang Indonesia yang mencintai tanah airnya16 September 2009 at 19:30

    Maaf tapi jika ingin memberikan tuduhan tolong cari tahu dulu yang benar. Kata Gue & loe tidak pernah diklaim sebagai asli dari Indonesia tapi merupakan kata yang digunakan oleh bangsa Betawi, suku asli Jakarta yang digunakan sehari-hari. Orang Indonesia tidak pernah mengakui/klaim yang bukan haknya. Tidak seperti kalian, orang Malaysia, yang sudah jelas berusaha mencuri apa yang menjadi jati diri bangsa Indonesia. Terakhir kalian mau mencoba mengambil pulau Jemur sebagai tujuan wisata kalian, padahal disana ada pos AL Indonesia. Makanya jangan cuma cari kesalahan orang & mencuri milik orang lain. Coba lihat saja borok kalian dulu sebelum mencela orang lain.

    ReplyDelete
  64. capeeee deehhh masih aja dibahas masalah ginian

    ReplyDelete
  65. Saya maklum aja karena malingsia adalah negara penuh dgn org bodoh, sebodoh org yg punya blog ini...Jd jangan ditanggepin...

    ReplyDelete
  66. Saya maklum lah....malingsia kayak gak pernah maen k inDon...kalo situ suka buka buku sejarah....Mayatsia belajar d Indon dulu...bahasa anda bahasa kita juga karena kita serumpun dan sederajat..

    Sekarang kenapa Indon pake gue elo??! soalnya kita bangsa yang supel dan mudah bergaul...jadi orang cina aja oke2 aja kita bergaul pake bahasa mereka malah mereka nyaman nongkrong d Indonesia..dan 1 lagi..INDON TIDAK MENGKLAIM...HANYA MENCOBA BERADAPTASI DAN MEMBUAT LINGKUNGAN KONDUSIF BAGI MASYARAKAT CHINA INDONESIA..

    Kenapa tidak di Malaysia????????

    KARENA...SEKALI MASUK KE MALAYSIA..LANGSUNG DICOPET...DIKLAIM..KALO PERLU ORANG CINANYA HIDUP DIBAWAH BELAS KASIHAN BIBIR DOWER KALIAN...

    PeaCe..^^

    ReplyDelete
  67. Bangsa Malingshit iri kali..indon bisa gaul ama orang cina...

    lu kalo mau...gaul sana ama panda cina....kan mata lu udah pada item2 gothic gtu..

    keren ko..
    wakakakakak:-p

    ReplyDelete
  68. bener bgt tu...malingsia cuma negara yg berpenduduk manusia-manusia bodoh yg tdk punya kreatifitas...jd wajar aja klo mreka suka cari gara-gara namanya juga org bodoh

    ReplyDelete
  69. KUCRIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIT!!!!@@@##@
    kau tuh nggak kreatif tau!!!!
    mengada-ngada aja yang kau tulis!!!!
    bendera kau emang nggak mirip sama inggris????
    penuh kekerasan!!! ga punya peradaban....
    masa lagu kebangsaan aja pake sayembara dan yang menang orang indonesia????
    kurang componis di malaysia????
    kalah sama kangen band!!!!!
    TKI yang nyaman kerja di malaysia tuh yang kerja di perusahaan barat!!!!
    orang malaysia juga banyak cari makan di indonesia
    kayak miles (apa tuh dia ngomong gue-elo????hahahahaha....jilad ludah sendiri kalian!!!!)
    sejak kapan monas pindah ke malaysia????
    ada lagi yang nikah sama cewek indonesia, di malaysia kurang cewek ya????
    hahahahaha....
    anak malaysia yang dulu sekolah aku, bodoh2 semua!!!!!
    tapi syukurlah ipin-upit kalian laku di sini ya???
    tapi itu buatan kalian bukan, ya? aku nggak yakin.hahahahaha
    yudlah, ni cuma bercanda, tapi klo merasa, sapa suruh merasa???klo tersinggung berarti kenyataan. tapi kau punya kok sahabat orang malaysia....
    damai tetangga...
    eh, apa mendingan kalian jadi provinsike 34 kita aja biar tambah akrab...hahahha
    jadi kalian ga perlu mikirin punya budaya deh...kita udah banyak kok....
    dah ah capek!!!

    ReplyDelete