Tuesday, 4 August 2009

Mbah Mati, Meninggal atau Wafat?

Selepas 4 hari blog ini melaporkan Lagu Pelik HUTRI ke 64, penyanyi lagu tersebut yang bernama Mbah Surip pun meninggal dunia.

Berikut ialah tajuk akhbar yang dipetik dari Kompas.


JAKARTA, KOMPAS.com —Mbah Surip, penyanyi yang baru saja melejit namanya lewat lagu "Tak Gendong" dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (4/8). [Sumber]

Ini pula adalah petikan dari laman lain yang agak melucukan.


Saat meninggal dan tiba di rumah sakit, Mbah Surip masih memakai topi khasnya. Berbaju cokelat muda dan bercelana pendek [Sumber]

Tapi yang peliknya, kematian orang biasa yang hidup mencari rezeki dengan menyanyi dikatakan wafat. Padahal kata wafat itu hanyalah merujuk kepada kematian nabi atau rasul. Keterangan sebelah diambil dari sini.

Inilah satu pencemaran bahasa yang dilakukan oleh Indonesia.


Perkataan mangkat, wafat, mati, kojol, kejang dan mampus semuanya bermakna mati, tetapi mangkat dipakai untuk raja, wafat untuk nabi dan ulama, mati untuk orang biasa, dan kojol, mampus serta kejang untuk menyatakan erti yang sama tetapi kurang sopan. [Sumber]

Media Indonesia tidak seharusnya menyamakan penyanyi Mbah Surip dengan nabi. Kata yang sesuai untuk kematiannya ialah meninggal dunia. Inilah sikap Indonesia, sudahlah meminjam bahasa Melayu untuk dijadikan bahasa rasmi, mereka mencemarnya pula ibarat kera mendapat bunga.

p/s - Salam Takziah untuk keluarga Mbah Surip.

64 comments:

  1. Hahahaha............

    Tp aku x puas hati dgn org INDON yg ugut bunuh pengasas indoncelaka.blogspot.com.......

    ReplyDelete
  2. Well...INDON punyer bahasa mmg keliru!..udahnya mahu tuduh JIRAN nya MALAYSIA yang tidak pernah claim apa2..INDON sajer yang menyalak ...mcam kes anjing menyalak bukit...PENAT menyalak Bukit tak runtuh pun..
    Bahasa INDON sajer dah menampakkan BODOH..

    Salam Takziah...

    Ya udah..INDON mmg SIALAN deh!

    ReplyDelete
  3. hai bung, kamu itu goblok nggak ngerti bahasa indonesia kok belagu.

    wafat itu adalah bahasa untuk orang yang punya kebaikan lebih dibanding orang lain, seperti pahlawan, tokoh-tokoh nasional dan orang2 penting.

    sedangkan kalau kamu bilang mangkat itu untuk raja, malah di sini ( indonesia ) mangkat di artikan MODAR = meninggalnya penjahat.

    jangan pakai bahasa mu untuk comment berita indonesia, bahasa mu kamu pakai disitu, tapi kalau di indonesia ya pakai bahasa indonesia. bodoh.... ketahuan kalau kamu itu orang bodoh dan tidak pernah pergi ke indonesia. faham??

    saya orang malaysia perlis, tapi saya kuliah di indonesia.

    ReplyDelete
  4. indon mengguna bahasa melayu, makanya hari merujuk negara Malaysia untuk tatabahasa dan penggunaan kata yang betul karena bahasa melayu berasal dari Malaysia.

    ReplyDelete
  5. mbah surip ni meniru gaya penampilan raggse bob marley,jadi mbah surip maling budaya jamaica,indon memang bodoh kerana mengagungkan seorang maling,mereka juga memuja memuja rhoma irama maling budaya india(dangdut)

    ReplyDelete
  6. adakah ini juga satu kecelakaan buat indone?

    ReplyDelete
  7. untuk embah ini, selayaknya dipanggil mampus aja loe

    ReplyDelete
  8. ur stupid, u don't know what you info about it. carefull with ur statement, u can get big promblem with this article. thx

    ReplyDelete
  9. dasar malingsia tidak tahu diri, bisanya mencela orang, siapa dibalik teror di indonesia adalah orang malingsia yang cuma merugikan orang lain

    ReplyDelete
  10. haduh bodoh kali orang ni..
    jelas aja beda negara lu itu beda tata bahasa nya ma negara gw
    negara lu itu melayu bahasa nya bukan bahasa indonesia
    tapi bhasa melayu masaih diragukan yg berkembang malah bhasa inggris sama cina....
    wakakakaka gg punya nasionalisme...

    ReplyDelete
  11. BABI BABI malingshit
    malay JANCOK

    ReplyDelete
  12. ha'ah..emang mencemarkan bhs melayu.. tewas bermakna mati...ape dar. Haha..sedar diri lo..bhs indonesia adalah evolusi dri bhs melayu..x sdr ke?...

    ReplyDelete
  13. bahasa indon hanya meminjam bahasa melayu. ingat tuch...

    ReplyDelete
  14. Akum,
    Saya Orang Indonesia.
    Setiap negara punya bahasa dan kekhasan tersendiri,
    Dan memiliki arti yang berbeda.
    Jikalau ada yang tak berkenan mohonlah maaf.
    Karena makna melayu dengan bahsa Indonesia sangat berbeda.
    JAdi jagnan jadikan masalah ini untuk membodoh-bodohkan orang atau negera lain, ingat sabda rasulullah:
    "Jangan Kamu menyebut buruk atas orang lain, jangan-jangan orang itu lebih baik darimu..."
    Wasalam

    ReplyDelete
  15. orang malaysi kebyakan suka dengan TV indonesia yaah,,,,
    orang malaysia sekarag lagi gaul nih
    niru-niru orang indonesia
    lo lo gue gua...
    itu mah bahasa indonesia....wakakakakakaka malaysia sok gaul

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. Kesalahan fatal Arezeo....

    Sumber yang kamu ambil itu kamus bahasa Melayu - English... Di Indonesia, wafat itu = mati untuk orang yang baik, mati secara wajar karena penyakit... Ingat, kami tidak pakai bahasa melayu sebagai bahasa nasional, tapi kami pakai BAHASA INDONESIA... It's too different, Arezeo

    ReplyDelete
  18. To Anonymous, lo lo gue gua itu bukan bahasa Indon yah... Buka mata loe, opps buka mata kamu. Itu bahasa Hokkien yah!!

    ReplyDelete
  19. To all indonesian people, u got pissed when someone told that ur language means something different, carries different meaning for some words, different from what we understand in bahasa melayu. and ur reason, bahasa indonesia is different from bahasa melayu.

    So just shut the f**k off and stop saying something bad about our language too.u got ur own and we got ours.

    ReplyDelete
  20. wah.. jati diri.. nasionalis.. cuplik inggeris.. cilok cina... itu dikatakan bahasa melayu...

    kalau permisi..resepsionis.. konklusi... itu jati diri apa? yang bener kok.. bahasa inggeris dicuplik dari bahasa indon ya?

    ReplyDelete
  21. Setiap bahasa di daerah yang beda, artinya juga beda. Pakai bahasa indonesia di indonesia, pakai bahasa malaysia (melayu). Pakai otak, bung!

    ReplyDelete
  22. @ ABGDARK

    ak malas nak tulis bahasa melayu sbb takut ko tak paham, korang indon mane tau bahasa lain, xsuke pembangunan, xnk accept org nye kemajuan. yg korg tau, indon, indon, dan indon. tu je yg mak bapak korg ajar dr kecik. ni pon nth paham ke tidak ni ak tulis.

    pastu sape lak ckp pasal jati diri ni, beras jati ak tau r. ko ni ABGDARK, bek ko blk umah pasang lagu dangdut, baca suratkhabar. tp jgn bace surat khabar indon, tak leh pakai. ermm, tpe r, ko tayah bace pape r, ak nmpk style ko cam malas membace je...

    ReplyDelete
  23. silap forward, bkan kepada ABGDARK, kepada warga indon, sori r bro. ak amarah lebih bace komen2 kt atas ni, tersasul tulis name org len lak, hehe

    ReplyDelete
  24. baru baca kamus bahasa indonesia semalem aja da sok ngerti ya??

    ReplyDelete
  25. Tanak pon bukak kamus indon. Bahase Indon jijik seyh!!!

    ReplyDelete
  26. kalau anda bilang wafat hanya untuk nabi atau definisi wafat dan meninggal berbeda, berarti anda sendiri yang bodoh! karena bahasa indonesia adalah bahasa melayu yang sudah disempurnakan!

    ReplyDelete
  27. karena bahasa indonesia adalah bahasa melayu yang sudah disempurnakan!
    Akhirnya, ada juga indon mengaku bahasa Indon berasal dari bahasa Melayu. bahasa rasmi negara Malaysia

    ReplyDelete
  28. Bahasa melayu darimana asalnya ?
    Suku melayu darimana asalnya ?

    ReplyDelete
  29. Bahasa indon darimana asalnya?
    suku indon darimana asalnya?

    ReplyDelete
  30. "orang malaysi kebyakan suka dengan TV indonesia yaah,,,,
    orang malaysia sekarag lagi gaul nih
    niru-niru orang indonesia
    lo lo gue gua...
    itu mah bahasa indonesia....wakakakakakaka malaysia sok gaul"

    Haha..budus sekali ini Nizi@Indon. Sebab orang Malaysia kan pintar2 Mas..senang belajar bahasa loe. Tapi kat komen ni..x der lagi org2 Indon yang menaip mcm Bhs Malaysia dan cara percakapan Malaysia..haha. Yang ada cume org2 Malaysia yg bulih berbahasa Indon...huhu. itulah AKIBAT BANYAK GAUL mas..eiew..tu gaya cam drama indon jer..hihi.

    AlohaDido

    ReplyDelete
  31. DAH DEH LO PADA DAME AJA !!!
    @ORANG INDO : JGN SUKA GITU AH
    @ANAK MALAY : JGN SUKA NGAMBIL HARTA NEGARA LAIN

    ReplyDelete
  32. kami tulis bahasa indo kerana masyarakat indo jahil sama bahasa malaysia, kalau kami tulis panjang2, nnt kamu x faham. tulis pendek pun x paham. sebab itu kami cuba untuk menulis dalam bahasa kamu, kerna masih ada hormat dalam hati rakyat malaysia.

    ReplyDelete
  33. Ko tulis jer ngan bahase indon ko tu. Bukan ke korang mengagungkan bahase korang tu. Takyah feeling feeling nak ckp melayu. Buat lawak jer.

    ReplyDelete
  34. Aihhh goblok setolol-tololnya orng yg nulis blog ini...
    dasar maling miskin budaya!!!
    udah tukang maling, kasih komentar bodoh lagi!!!
    Indonesia tuh KAYA bahasa dan budaya bung... kalo Orang Batak pake ada bahasa Batak, kalo Jawa pake bahasa JAWA, kalo Papua ada lagi bahasanya...
    Jadi sudah JELASkan, beda PROPINSI aja beda BAHASA, apalagi BEDA NEGARA... YA WAJAR BEDA BAHASANYA!!!
    Dasar MALING TOLOL!

    ReplyDelete
  35. semoga admin blog diampuni dosanya..
    jgn beri dy siksa neraka,
    berikan dy waktu untuk bertobat
    sebelum ajalnya..
    amiin...

    ReplyDelete
  36. GOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOK

    MALINGSIA atau MALING ASIA

    ReplyDelete
  37. GOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOKGOBLOK

    MALINGSIA atau MALING ASIA

    ReplyDelete
  38. Budak budak indon ni dah takde modal dah ke. Hahahaha bengong.

    ReplyDelete
  39. nulis di blog sihh emg gampang
    ya kan arezeo? Dr Jake?

    blog gratisan lagii...

    ternyata selain miskin uang kamu juga miskin ilmu ya???

    hahahaha

    nyali kamu kecill....

    bisanya ngomentarin negara orang saja
    walaupun negara kamu bagus
    tetap saja manusianya gga sebagus yang kamu bangga banggain

    kamu itu bisa di tuntut mengadu domba sesama negara asean....

    mungkin.. kamu nulis blog ini senang... gembira... bisa menjelek jelekan negara orang

    ohh jangan jangan kamu hanya mau mencari uang saja??

    cuma mau cari perhatian dunia saja???

    kalau kamu benar benar ingin negara kamu menang kamu kesini [ indonesia ]

    jangan hanya duduk di depan komputer/ laptop/ netbook kamu

    AREZEO AND DR JAKE IS A BIG LOSER

    ReplyDelete
  40. Wow popularnyer aku. Thanksla sbb ckp negare kami bagus. Korang patut focusing on how to develop human capital in Indonesia. Tapi korang busy nak kutuk kutuk negare org, claim bende bende merepek. Sampai mati pon negare korang tak maju kalu mind setting camne. Patutla HDI korang rendah giler babey. Sedarla skit, byk indons dtg sini cari keje, budak budak ni la yg dok sibuk anta duit balik Indon. Ader kitorang kesah? Kitorang tak bising pon. Org Melayu mmg berbeza ngan Org Indon.

    ReplyDelete
  41. BTW, little bitch miss MiSSy. Aku obviouslly tak miskin kot. Rate rate most Malaysian yg generasi mude cam aku ni byk degree holder kot. So kitorang takla sebodoh Indon k.

    ReplyDelete
  42. Udah2..
    Jangan pada bertengkar disini.
    Jangan bilang orang lain bodoh.
    Kalau saya nilai, orang2 yang ngasi comment di sini pintar2 semua. Buktinya bisa pakai teknologi internet. Tapi Emosional sama Spiritualnya harus lebih pintar dari pada IQny.
    Emang manusia ga' ada yg sempurna.
    Lebih baik kita berfikir bagaimana kedepannya kita bisa lebih pintar dari pada Albert Enstain, lebih kaya dari pada Bill Gates, n lebih terpuji dari pada nabi Muhammad saw.

    Soal perbedaan bahasa,
    akan lebih bijak kalau bhasa Malaysia di gunakan di Malaysia dan juga beserta artinya.
    Dan bhasa Indonesia di gunakan bangsa Indonesia dan juga artinya.

    ReplyDelete
  43. yang aneh si ini, segitu bencinya ya orang Malaysia sampe bikin blog buat jelek2in negara orang? Blog ini aja jelas2 uda maksud buruk. Masukin semua yang negatif. Tapi kok masih aja ada yang bela?

    ReplyDelete
  44. sesama bangsa muslim saling mencelaa????

    HAti2 dibalik semua ini.. ada yg mengingnkan negara serumpun dan negara muslim terpecah belah...

    ReplyDelete
  45. iya betul tu Anonymous. semoga indonesia sedar akan budaya serumpun ini. Di indonesia ada rasa sayange, di Malaysia ada rasa sayang. Di Indonesia, ada reog, di Malaysia ada barongan. Itu kan namanya serumpun...

    ReplyDelete
  46. setuju ama arezeo

    ReplyDelete
  47. indonesia ada batik, begitu juga di malaysia. kalau kita saling berkongsi budaya ini, tidak ada siapa yang rugi. betul kan Anonymous?

    ReplyDelete
  48. Saya sebagai orang indonesia sangat membenci ada nya pertengkaran ini..
    Berhenti saling menjelekan negara indonesia ataupun malaysia..
    Kita satu rumpun.. kita negara muslim.. alangkah indahnya di bulan Ramadhan ini kita bisa mengakhiri pertengkaran..
    Jika negara serumpun ini bersatu, saling mendukung..
    pasti kita bisa lebih kuat dari bangsa asing..

    sadar,, kita telah di "adu domba" (dibikin perselisihan) oleh bangsa lain yang takut akan kemajuan negara muslim

    ReplyDelete
  49. MalingAsia bikin iklan pariwisata pake minjem Tari Pendet dari Bali Indonesia....mana ketahuan lage ... di-stop deh iklannya....ga punya modal ya? miskin budaya banget seh ........

    ReplyDelete
  50. y memang indonesia dan malaysia itu beda.masing2 punya kelebihan n kekurangan.g perlu lah saling hina,
    buat malaysia yang katanya terpelajar,berbudaya,santun,dll, masa sih hobinya kritikin indonesia?
    kalo menurut saya, bangsa yg besar yg berbuat, tapi gg banyak omong.

    TALK LESS DO MORE.

    ReplyDelete
  51. BWT DR JAKE,
    jd org malaysia yang santun bisa juga menyebut wanita "bitch"?
    ok.saya catat.

    ReplyDelete
  52. hanya orang iri yang berkata demikian...menjelek2an indonesia...hanya orang iri...

    ReplyDelete
  53. Bahasa Indonesia dengan bahasa melayu Beda bung,,
    lebih Indah Bahasa Indonesia, bahkan warga malon pun secara tidak langsung mengakuinya kan? dengan merajainya Lagu - lagu Indonesia di Hitlist negara malon,,
    kalo bahaya malon?dengernya aja aneh, rancu,,makanya dari dulu kalo bikin lagu bisanya cuma Slowrock teruz,,ga maju - maju,,Kenapa?karena bahasa kalian itu aneh, jadinya takut kalau nyanyi aliran musik lain ntar jadinya bisa aneh di dengar,,,,

    ReplyDelete
  54. (Hahahaha............

    Tp aku x puas hati dgn org INDON yg ugut bunuh pengasas indoncelaka.blogspot.com.......)

    orang MALINGSIA tu cuman bisa ngomong BODOH aja...Budaya Ngambil, lagu ngambil, makanan juga ngambil....dasar Masyarakat BABI..ANJING LOE MALINGSIA...Banyak Ngomong tapi dikit Kerja..Hahaha..LAyaknya MONYET KEMALASAN..Celakanya mereka ga tahu apa2...Ha ha ha...Merdeka ja dikadih ma orang lain....ha ha ha..Biar kami miskin tapi masih punya BUDAYA..ndak seperti KAU MALINGSIA bangsa PENCURI..ha ha ha...

    ReplyDelete
  55. eh malon.. kenapa jauh2 dah nyolong tari pendet yang dari bali?
    pernah tau ngga lo tari pendet kaya gimana? tw ngga asal-usulnya apa? makna dibalik tariannya apa? pernah lyat kan kostum tariannya?
    nyambung ngga sama negara malon yang notabene-nya negara muslim??

    nyolong juga punya aturan bung..

    ReplyDelete
  56. kutipan dari posting di atas

    " Anda mungkin juga meminati:
    Lagi Rakyat Indonesia Mati Di Arab Saudi
    Video Nyawa TKI Melayang Di Jembatan Layang "

    eh malon, arezeo khususnya..
    apa kalian bener2 menikmati video macam itu? nyawa manusia (darimanapun asalnya, termasuk indonesia) yang dijadikan lelucon di negara malon???
    TKI juga manusia cui, jangan2 lo lyat TKI mati kebunuh ma malon, dan lo malah ketawa? tersenyum puas? dan merasa HEBAT karena malon berhasil menyiksa orang indonesia.

    what a PSYCHO

    periksa dah cepetan ke rumah sakit jiwa.. sebelom lo jadi Michael Myers dari film "Hallowen" yang menjadi kenyataan.

    ReplyDelete
  57. NEGARA PLAGIAT
    DENGAN BAHASA YANG ANEH
    SARANG TERORIS SEBENARNYA
    MUSIKNYA ALAY
    NGGAK PUNYA BUDAYA
    AGU KEBANGSAAN YANG JADI LAGU SETIAP UPACARA AJA NIRU
    DASAR NEGARA YANG PERU DISANTUNI

    ReplyDelete
  58. gak ngerti nih

    ReplyDelete
  59. ok so listen up biatch, you guys have different meanings in your language. you call 'erti' a word? PFFT DON'T BE SERIOUS HAHAHAHAH. okay im being racist now, and im sorry for that -- NOT!

    ReplyDelete
  60. BANGSAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAT..................KBENCIAN KAMI RAKYAT INDONESIA TERAMAT SANGAT BESAR>>>>TUNGGU SAJA KEHANCURANMU NEGARA KALIAN

    ReplyDelete
  61. hai semua...
    buat apa kamu bertikam lidah pasal BAHASA...
    semua bahasanya... Allah yang CIPTAKAN... KITA PATUT BERSYUKUR PADA ALLAH...Astargfirlullahal-adzim

    ReplyDelete
  62. Aku sebenarnya awalnya setuju dengan indonsial yang cakap tata bhasa lain negara beza, tapi tengok indonsial sendiri kutuk bahasa malaysia anehlah, susah nak pahamlah, diorang lagi PARAH kutuk bahasa kita.

    DASAR HIPOKRIT CAKAP TAK SERUPA BIKIN

    ReplyDelete
  63. Aku setuju ngan komen "Orang Indonesia". Lebih2 lagi di bulan Ramadhan ni. Kite bermaaf-maafan je la. Pasal bahase pon nak gaduh.

    ReplyDelete
  64. boringnye aku bace post indon2 ni.....balik2 bende yg same je ceritenye....klau korang perasan lakan...dengar betul2 lagu indon yg hit kat malaysia ni,susunan lirik dan slang lagu indon2 ni lebey kurang same je ngan bahase kitekan....tapi tak same langsung ngan cara cakap n grammar diorangkan.....nampak sangat la indon kaki cilok.....

    ReplyDelete