Monday 24 August 2009

Kecelakaan Berguling Lagi Indonesia

Bulan Ogos (Agustus) terus mengundang kecelakaan kepada negara Indonesia. Yang melucukan ialah penggunaan perkataan yang menggambarkan kecelakaan tersebut. Antaranya ialah pesawat "jatuh" di Papua (hahaha, kapal terbang pun boleh jatuh!) dan kereta api ter"guling" di Pasuruan (tak dapat bayangkan bagaimana kereta api berguling-guling!)

Tetapi di Indonesia, bukan kereta api saja yang boleh ter"guling", terbaru, sebuah trak (truk dalam bahasa Indonesia) pulak ter"guling" di Sampit, Kalimantan. Lucu banget bahasa Indonesia ini. Trak pun boleh berguling. Nak tau macam mana trak berguling-guling di Indonesia, lihat gambar. Hahaha.

Berikut ialah berita yang dipetik dari akhbar Indonesia, Vivanews.

Tetapi jangan terkesima, 31 orang "tewas" itu bukan bermaksud mereka kalah dalam pertandingan, tetapi bermaksud mati dalam kecelakaan. Untuk lebih jelas maksud "tewas" dalam bahasa Indonesia, lihat gambar sebelah yang merupakan antara 31 yang "tewas"di Sampit.

Lebih malang lagi, "tewas"nya mereka di situ adalah disebabkan oleh mereka berhimpit dalam trak yang sepatutnya membawa sawit tetapi digunakan untuk mengangkut orang.

Akibat sistem pengangkutan yang mundur di Kalimantan, Indonesia itu, trak tersebut mengangkut 60 orang sekaligus!

PALANGKARAYA--MI: Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Brigjen Syamsuridzal menyatakan kecelakaan truk yang mengakibatkan tewasnya 25 buruh perkebunan sawit di Sampit, Kotawaringin Timur, diduga kuat karena kelebihan muatan. [Sumber]

Petikan berita kat bawah ni, agak melucukan.

"Kalau mobil itu belok ke kanan, kan orangnya pasti akan goyang ke kiri, jadi kendaraan oleng. Kalau barang mungkin tidak seperti itu, karena diam," [Sumber]

Amat malang sekali kerana kecelakaan ini berlaku sehari selepas negara tua yang berusia 64 tahun itu meraikan ulang tahun kelahirannya.

Nampak gayanya, HUTRI 64 diraikan dengan pesawat terhempas di Papua, kereta api tergelincir di Pasuruan dan trak terbalik di Kalimantan. Itulah perkataan yang sebetulnya harus digunakan Indonesia. Bukan jatuh, bukan terguling malah bukan tewas!

p/s - Ucapan takziah disampaikan kepada keluarga korban kemalangan trak di Sampit, Kalimantan. Lepas ni, sama-sama kita lihat apa pulak yang terguling di Indonesia. Adakah Pak SBY pulak yg jatuh terguling? Hahaha.

19 comments:

  1. Ya allah "TERguling"??? Hahahaha TER tu takle blah la.

    ReplyDelete
  2. TRAK itu apa??????
    bahasa melayu nggak, bahasa inggris bukan :D
    oh...iya itu bahasa BINATANG!!!!!
    MALINGSIAL BANGSA BINATANG....

    ReplyDelete
  3. Rasanya gak ada yang salah dengan bahasa Indonesia. Sebelum mengkritik, belajarlah dulu bahasa Indonesia yang baik & benar.

    ReplyDelete
  4. trima kasih telah berlama-lama di depan komputer

    untuk mengkritik bangsa saya...

    itu berarti anda tidak dapat mengungkiri

    bahwa anda peduli dengan bangsa saya

    (^_^)

    ReplyDelete
  5. _bahasa lo tu jadul. . Alias jaman dulu banget. . D pake sama buyut2 gw dulu. . Ampe sekarang ga ada kemajuan. . Gmana mw maju. . Otakny kan ga jalan. . Nunggu aja dy apa sich yg terbaru dari indonesia . . Udah pngen d tiru. . Trully flagiat. .

    ReplyDelete
  6. anda punya bahasa sendiri. . . kami juga punya. . . lebih baik anda hargai bahasa orang lain. . .

    ReplyDelete
  7. hah..
    mengharghai??
    tau apa anda malaysian soal menghargai karya orang lain..

    ReplyDelete
  8. sadar diri donk lo,,
    lo itu ga punya budaya,,

    bahasa lo aja campur2,,,
    mending bagus bahasa inggrisnya,,
    jelek iya,,,

    ga tau diri ngaca donk lo,,,

    indonesia itu bagus banyak budaya,,
    and bahasa daerah banyak,,
    dan kita ga pernah campur2 kl pake bahasa,,

    ReplyDelete
  9. waduuhh ganyangka yaa ternyata org malaysia begitu pedulinya sampai" tahu masalah terkecil Indonesia hahaha .. daripada menghina bangsa Indonesia, kenapa tidak membuat negeri sendiri yang punya kebudayaan sendiri saja? malu dong mengaku-aku budaya lain .. mukanya ditaruh dmanaa??

    ReplyDelete
  10. keluarkan semua isi hati .....lepaskan semua.....mudah-mudahan setelah itu kalian akan menyadari betapa indahnya toleransi, persahabatan, saling toleransi .... (tapi kalo kiranya panas hati blum juga bisa reda, mari peraaaaaaaaaaang......!!!!!!!)

    ReplyDelete
  11. Saya tidak marah dengan Malaysia setelah membaca berita ini, justru saya senang. Ternyata mereka senang menonton acara tv Indonesia. Mereka ngefans rupanya. Wah wah wah. :)

    ReplyDelete
  12. hidup INDONESIA!
    mari kita bungkam mulut" sumbang rakyat negri tetanggga kita

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. gw sebagai ank bali,,skaligus ank outsiders

    cuma pgn kasih tw aja,,kLo INDONESIA itu bangsa yang bukan cuma ngaku atau copy budaya bangsa lain.

    fUcK bWt sMw org2 yg tLah manghina bangsa gw...

    bDw,,mna pict yg pnya blog,,,ko g nampak,,ngumpet dmn lubang itiL ya lw??

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. kira2 nih situs bakalan bertahan brpa lama lgi ya??? kaka bagusnya situs ini di apaain ya...hmm bingung....ada masukan ga????

    ReplyDelete
  17. ga nyangka jg gw, ternyata lu peduli ma bngsa indo.. mudah-mudahan usaha keras lu bisa dilihat oleh pemerintah gw dan lgsg memperbaikinya...

    cma satu yg mw gw bilang malingsia ga lebih baik dari indo..

    lu bilang media indo provokatif, mereka itu menyampaikan apa yg terjadi di lapangan dan menyampaikan ke warga, d zaman skrg informasi sangat di butuhkan..beda sama negara lu media di kekang sama kera jaan, jadi lu itu ga tw ke bobrokan negara lu, soalnya berita buruk2 dibuang..akibatnya terjdi kebodohan & keprimitifan lu akan dunia luar, makanya lu kaget pas ngeliat keterbukaan di negara kami..


    jd klw gw bilang biar indo bodoh menurut lu tp kami sering menang di olimpiade sains dunia..btW negara lu koq ga pernah ada ya di olimpiade sains dunia, katanya negara maju..

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. kata " sia " ....berati anjing.....atau mengikuti dari IndonesSIA.....IndonesAnjing....
    malaysia bangsa plagiat.....tidak punya kebudayaan asli....penggal semua kepala orang malaysia hancurkan negaranya....hidup INDONESIA RAYA.....

    ReplyDelete