Friday 4 September 2009

Gempa Bumi adalah Bala Bencana dan Peringatan Ke Atas Indonesia

Postingan ini adalah buat warga Indonesia yang mempertikaikan bahawa bala bencana gempa bumi yang diturunkan adalah peringatan atas sikap dan kesilapan mereka. Mereka dengan megah mempertikaikan bahawa gempa bumi di Tasik Malaya hanyalah fenomena alam biasa.

Petikan berikut diambil dari teks Khutbah Jumaat Siri 1: 07 Januari 2005 yang disediakan oleh Jabatan Hal Ehwal Agama Islam Negeri Sabah mengenai Bencana Tsunami dulu. Untuk naskhah penuh, sila download di sini.

Keingkaran, maksiat, kejahatan dan kemungkaran yang merajalela dan membiak dalam masyarakat adalah antara punca kenapa bala bencana di darat dan laut diturun oleh Allah S.W.T ke atas hamba-hamba-Nya. [Sumber]

Ayat al-Quran ini juga dipetik dari laman yang sama.

Bermaksud: Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

[Surah Ar Ruum: Ayat 41]

Sungguhpun negara Indonesia berada pada lingkaran api Pasifik, peristiwa gempa bumi yang berlaku selepas Indonesia memfitnah bahawa Malaysia mengklaim tari pendet, Pulau Jemur dan lain-lain seolah-olah merupakan bala bencana dan balasan kepada negara pulau tersebut.

Rakyat negara tersebut perlu introspeksi diri atas musibah yang melanda mereka dan bukannya bertindak sombong dan angkuh dengan membakar bendera negara lain. Semua foto-foto di sini adalah foto tragedi gempa bumi di Tasik Malaya, Indonesia.

Semoga bencana ke atas Indonesia ini akan menyedarkan mereka supaya menghentikan segala tohmahan dan fitnah ke atas negara Malaysia terutamanya di bulan Ramadan ini. Bulan Ramadan ini sepatutnya digunakan untuk bersatu padu dan bukan mengadu domba kononnya Malaysia mengklaim itu dan ini.

p/s-Adakah mereka akan sedar? Sama-samalah kita berdoa.

54 comments:

  1. penipuan-jawa.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. mereka tidak sedar2 walaupun banyak kali dikasi ingatan oleh Allah.

    ReplyDelete
  3. siapa yng dulu memulai negara lho... tuh yang pertama.kami tdk memfitnah bangsamuw tpi kami berusaha mempertahankan identitas bangsa kami, memang bangsa kami musti introspeksi diri tpi seharusnya bkan hanya kami yang musti introspeksi bangsa lo jga, ktanya bangsa serumpun, bangsa tetangga, bangsa yang beragama tpi og kelakuannya kayak gitu . Kami seperti itu karna rasa NASIONALISME kami terhadap negara kami, tdk seperti elo yg gag pny rasa nasionalisme. GAG USAH MUNAFIK DEH LU... SEGERALAH KALIAN BERTOBAT KRN KIAMAT SUDAAH SEMAKIN DEKAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  4. Takziah buat semua warga Tasikmalaya

    ReplyDelete
  5. lho, gempa ini tidak di klaim oleh malaysia ?

    ReplyDelete
  6. nak ucap takziah pun tak semangat memandang kan kebiadapan Indon yang membakar dan menghina bendera kita. malas nak layan indon lagi. biar mereka urus sendiri mangsa gempa tu. tak payah kasi bantuan macam dulu-dulu.

    ~Lyn

    ReplyDelete
  7. heh malingsia...hoby banget ngeklaim kepunyaan bangsa kami..lebih kreatif lah.....
    kau bilang bangsa kami memfitnah?heh coba jgn munafik, lihat kenyataannya dgn teliti.....!!!
    sebagai bangsa yg mengaku muslim dan taat kpd ajarannya seharusnya paham apa yg diajarkan dan yg tak diajarkan oleh nabi Muhamad S.A.W...coba renungkan dan pikirkan!!!!
    kalian keluarkan semua kekuranngan2 bangsa dan negaraku ...ya thanks kalian permudah kami untuk memperbaiki diri. tapi coba kalian introspeksi
    diri jg!!!!dengan hoby klaim apa kalian sudah miskin budaya,miskin wilayah?
    ada yg bilang dari orgmu(malingsia)orng indonesia seperti babi hutan, coba lihat org2mu
    dgn seneng menyiksa tki dan mengkalim yang bukan kepemilikannya, apa istilah yg cocok buat perilaku seperti itu?mungkin lebih buruk dari babi hutan.

    ReplyDelete
  8. sperti orang tua yang menegur anaknya.
    itu berarti karena orang tua sayang dan memperhatikan anaknya.
    sekarang, Allah memang menegur bangsa Indonesia. namun saya tetap bersyukur, karena di balik itu semua berarti Allah masih sayang dan memperhatikan Indonesia.
    Allahuakbar! makasih ya Allah, memperingatkan untuk tetap mengingat-Mu

    ReplyDelete
  9. x kisah lah Indon, mcm mana sekali pun Malaysia lbh maju dari segala segi, sementara Indon tetap berada 100 tapak ke belakang. Sebab fikiran mereka terlalu sempit dan terlalu bodoh.

    Berapa ramai kah rakyat Indon x berpendidikan tinggi? Berapa ramai kah rakyat Indon buta huruf, x tau membaca?
    Berapa ramai kah rakyat Indon hidup melarat?
    rasanya ada dlm 80%... yg lain tu bernasib baiklah kiranya.

    KINI, Malaysia sudah ada Angkasawan, sudah ada kapal selam... Indon mungkin akan ada semua itu suatu hari nanti, mungkin lagi 2-3 hari mau kiamat kot!

    ReplyDelete
  10. negara tetangga kena musibah eh...malaysia malah bilang kayak gini!!! SADAR juga donk klo malingsia juga punya banyak DOSA!!!terhina bgt nih blog T.T"
    ayo tarunk.a ndek omahku!!!! wani.a kwon karo aku!!!!! gk iso moco jawa ioo!!!! kuaaapoggggg!!!!! babahno gk iso moco!!! palink" gk dibusek comment iki!!! wkwkwkwkwkwk~INDONESIA JAYA!!!

    ReplyDelete
  11. Tahniah kpd warga Indon. Lepas ni tsunami plak k!!!

    ReplyDelete
  12. kita sebagai rakyat indonesia, mesti sabar atas cobaan dari Allah. Karna selama ini kita lupa akan Dia. dan ini TIDAK ADA SANGKUT PAUTNYA DENGAN MALINGSIA. DAN LAGI KALIAN SEMPAT-SEMPATNYA TERTAWA DI ATAS PENDERITAAN NEGARA LAIN. NAUZUBILLAH

    ReplyDelete
  13. ga ada kenyangnya pak are memprovokatori kita semua!air susu dibalas air tuba.menari nari diatas penderitaan saudaranya!

    *peace love

    ReplyDelete
  14. Saya sudah tebak,pasti ini akan diklaim lagi oleh malaysia.bahwa gempa bumi ditasikmalaya adalah kesombongan indonesia dan fitnah terhadap negara malaysia,tentang masalah kebudayaan,dan pulau...

    Terserah kalian mau bilang apa,, hanya ALLAH yg tau itu semua,apa mungkin kesengsaraan dan musibah yg dialami Bosnia dan Palestine.itu merupakan kesalahan mereka karena sifat buruk penduduk disana?.Sdgkan Israel yg bener2 salah. tdk ada musibah,yg mengingatkan mrk.Apa mgkn org Israel itu suci dimata Tuhan,pdhl dia jelas2 membunuh dan mengambil sdikit demi sdikit wilayah palestine...

    Tapi ini adlh murni musibah alam.silakan kalian tertawa dan mengklaim musibah itu krn indo buruk dimata kalian...tpi saya yakin ALLAH SWT memberikan hikmah dibalik semua ini...
    TERIMA KASIH UNTUK KLAIMNYA.TERNYATA MALAYSIA LEBIH HEBAT DUGAAANNYA DARIPADA ALLAH SWT,yg jelas2 memberikan bencana tersebut

    ReplyDelete
  15. kebangsatan, ke jelekkan dan kesialan bangsa indon dan negara indonsial telah mendapat hukuman dan pembalasan dari tuhan....

    ReplyDelete
  16. gak usah di tolong bangsa indon haram jadah bedebah semua..!! Selepas melepas anjing tersepit. Bangsa indons anjing..!!

    ReplyDelete
  17. lyn,betul3x(gaya upin ipin) biarlah bangsa yang takbur ala ala firaun ni sedar sikit.sudah lupa tuhan agaknya

    ReplyDelete
  18. semoga indon dapat menginsafi diri mereka

    ReplyDelete
  19. saudara arez...

    memang media indon ni suka provoke dan buat fitnah.lihatlah pada kes Kartika model sambilan yg akan disebat.mungkin gara2 namanya ala2 nama org indonesia terus mereka katakan model republik indonesia akan dicambuk malaysia.

    tulis berita main hentam je.saja nak cari pasal.
    rujuk:

    http://inilah.com/berita/politik/2009/08/04/146101/model-ri-batal-dicambuk-malaysia/

    tak ada etika langsung....

    ReplyDelete
  20. perang di palestin itu sudah ketentuan ALlah memang tuhan sudah tulis dalam alquran bahawa orang yahudi akan berlaku jahat kepada mereka.jangan kaitkan apa yang terjadi di palestin dengan indonesia.tiada kena mengena

    indonesia mahu berlagak seperti orang tua kepada malaysia.padahal sebenarnya mahu berlagak samseng dan membuli malaysia

    ReplyDelete
  21. KAMI SUDAH BERTOBAT MALINGSIAL!!!!

    ReplyDelete
  22. tuan arezeo dan lain2, mungkin kita boleh siasat siapa yg menguasai media indonesia krn merekalah yg mengapi2 dan mengadu domba umat di nusantara ini sehingga terhasil pelbagai reaksi termasuklah blog ini. mungkinkah memang ada pihak yg hendak menimbulkan kebencian antara satu sama lain dlm kalangan kita? dan kita sesama kita telah termakan umpan berbisa yg dimainkan oleh pihak yg berkepentingan? adakah kita rela dimanipulasikan? adakah kita terlalu bodoh utk berfikir? indonesia sebuah negara paling ramai umat islam. mungkin mereka 'diserang' pemikiran mereka utk menimbulkan reaksi yg bukan2 seolah2 mereka diprovok secara keterlaluan oleh pihak malaysia? sbg manusia yg berakal gunakanlah akal kita sebaik mungkin baik pihak malaysia mahupun indonesia. tak insafkah kita dgn peperangan dan penindasan yg berlaku ke atas umat islam? umat di malaysia dan indonesia masing2 punya kelemahan. tak perlu kita tambah masalah dan kusutkan keadaan. ingatlah saudara kita di patani, mindanao, iraq dll. katakan tidak pada semangat kebangsaan.

    ReplyDelete
  23. Simpati ku bukan untuk bangsa pembakar bendera. Seperti hancurnya jalur gemilang yang dibakar, aku harap akan hancurlah tanah jawa ditelan gempa.

    ReplyDelete
  24. Membakar bendera malaysia masih lebih baik, karena Indonesia bisa membakar malaysia langsung sewaktu-waktu.
    Hey malaysia, kalian berkata seperti itu berarti kalian menjatuhkan harga diri kalian sendiri. Seluruh dunia sekarang sudah tau bahwa kalian adalah bangsa yang suka mengaku ngaku dan terkesan bangsa murahan.
    Indonesia tidak lupa akan tuhan, terbukti Indonesia selalu menginginkan kedamaian antara 2 negara ini. Kalau tidak karena Tuhan, Indonesia sudah membakar Malaysia!!! Malaysia negara yang suka menyiksa, TKI dan bahkan istri putra mahkota disiksa oleh suaminya sendiri, begitukah bangsa yang mengaku akan kentalnya agama islam???

    ReplyDelete
  25. Gak usah sok suci lo maling sial..gak usah bawa-bawa agama!! saya juga muslim!!
    Indonesia mayoritas muslim gak pernah mengesahkan prostitusi!! gak kaya maling sial yang mengharapkan devisa dari prostitusi!!!

    Ayo ngaku kamu maling sial!!

    ReplyDelete
  26. indonesia adalah negara yang berada di tengah bumi,jadi indonesia berbatasan dengan lempengan indo asia n australia,jadi gempa ini di sebabkan oleh begesernya lempengan tersebut yang mengakibatkan gempa....

    dari itu semua TUHAN LAah yang punya kuasa atas semuanya....

    jadi kalian harus belajar dari bangsa indonesia,karna jika negara kalian di landa gempa yang lebih dasyat dari ini,kalian bisa belajar dari indonesia ....

    ReplyDelete
  27. Dasar malingsia..!!!!kalian tuh sok tahu malingsia!!!!!!!!mengaitkan musibah gempa tasik dengan peringatan tuhan .INGAT HANYA TUHAN YANG MAHA TAHU!!!

    ReplyDelete
  28. -memang tuhan sayangkan hambanya tak kira INDONs,MALAYSIA atau siapa2 tapi adakah hambanya itu mau ambil pengajaran?
    adakah itu tanda nya insaf kalo mau lagi -ganyang,perang di jadi pikiran dan tindakan harian kalian wahai INDON.. perkataan tobat,insaf memang pantas diucap tapi praktiknya..
    -memang kami bukan ALLAH untuk menghukum,mengetahui..tapi tanda2 nya ada dalam kitab kuran untuk diambil pelajaran bagi yg mau aja..terserah kalo kalian bangsa INDON mau terus dengan dosa besar itu yakni mau perang..ganyang.. klaim itu ini..tunggu aja yang berikutnya ..
    _kami rakyat MALAYSIA yang maju dan bertuah tenang beribadat,berekonomi dan lain2nya sama2 dengan TKI(tenaga KULI INDON)hehe..kalian

    ReplyDelete
  29. WOY MALAYSHIT! (sabar!) kebetulan gue yang ngerasain sendiri gempa ini.

    DAN GUE MENARIK KESIMPULAN BAHWA:

    SIAPAPUN ORANG YANG MEMBUAT BLOG INI ADALAH ORANG YANG INGIN TENAR, DENGAN MEMANFAATKAN KETAMAKAN DAN KERAKUSAN MEREKA MENGKLAIM BUDAYA BANGSA ORANG LAIN!

    KESEMPATAN DLM KESEMPITAN AJA LO BUNG, MAKIN MANAS MANASIN NEGARA YANG AKAN HAMPIR BERPERANG.

    YANG HARUSNYA SADAR TUH ORANG ORANG KAYA ELO, YANG NGUMBAR NGUMBAR AIB ORANG LAIN.

    ngumbar aib oranglain aja udah dosa, ini NGUMBAR AIB NEGARA DAN MENSYUKURI PAS SESAMA UMAT MUSLIM DI INDONESIA DAPAT BENCANA.

    YANG HARUSNYA SADAR TUH ELOOOO! MANEH! MANEH! KAU!

    gue percaya, suatu saat lo bakal karma. udah nyakitin hati banyak orang di indonesia.


    HAPPY FASTING! MINAL AIDZIN! SESUNGGUHNYA ALLAH MENGETAHUI MANA YANG BENAR DAN YANG SALAH.
    TAK USAHLAH KAU BANYAK CAKAP!

    ReplyDelete
  30. Gw paling males ngomongin malaysia, bodo amat tentang mereka, yg jelas bisa bikin dosa gw bertambah terus...!!!
    Hidup Indonesia...!!!!

    ReplyDelete
  31. dasar Malingsial...
    sudah maling nyuruh orang insyaf...
    seharusnya kalian yang insyaf,,,,
    bukan Kami...

    jangan pernah ucap kalau gempa karena kesombongan Kami...
    Kami tak pernah sombong....
    Tapi kalian yang kurang ajar, bangsat,pengkhianat,dasar dazzal....







    karena Dia Sayang sama Kami...

    ReplyDelete
  32. anjenk u tuh fitnah, plagiat aj bangga.
    udah maling, ga mo ngaku lgi.
    Anjenk, najis.
    Nama malaysia ga cocok bwt negara sampah itu, mending JG Malingsia

    ReplyDelete
  33. tok sah nak menyalak sampai sakit tekak,kalau kamu ingat kamu betul pegilah mengadu kat mahkamah antarabangsa mcm kes sipadan dan ligitan tu,
    habis citer......betul2 uncivilized indon ni

    ReplyDelete
  34. Aku memang tak setuju artikel camni, cakap gempa bala dari tuhan ke, apa ke, faktanya memang Indon dok atas Lingkaran Api Pasifik, gempa bumi melanda tak heran le.

    Orang kena bala tak yah caci le, yang kena caci sepatutnya perangai diorang cam anjing gila menyalak nak ganyang Malaysia, bakar bendera, nak ganyang Malaysia konon tu.

    Nak kaitkan gempa bumi dengan apa2, tu dah teruk le tu, jangan jadi sama dengan babi indon tu, kalau diorang yang cakap , camne kalau Malaysia kena bala, lepas tu babi Indon ngutuk nilah balasan terhadap maling, camne?

    Semoga webmaster paham apa maksud saya ni.

    ReplyDelete
  35. anon. aku paham maksud ko. aku setuju. force majeure tidak dapat dihalang. itu semua kehendak tuhan. blog ni bagus dan boleh dibaiki. kita harus ada blog sperti ini tapi pasal post ni aku tak berapa nk suka. setiap hari aku buka blog ni. best. ko memang pandai cari info. two thumbs up.

    ReplyDelete
  36. but, gempa bumi adalah gejala alam yang terjadi dikarenakan struktur lempeng bumi yang bergetar.dan Indonesia berada di antara banyak lempeng dan termasuk sirkum2 yang banyak jadi bila ada gempa di Indonesia itu wajar karena dikelilingi oleh banyak lempeng.coba anda lihat jepang dia juga sering terkena bencana gempa bumi.sudah mengerti?

    ReplyDelete
  37. Malingsia bajingan saya hack semua situs2 milikmu malingsia asu!!!

    ReplyDelete
  38. Maaf bang arezeo..saya tak bersetuju dengan artikel mereka kena bala ni atas balasan apa yang dilakukan terhadap Malaysia.

    ReplyDelete
  39. Sebetulnya walaupun gue benci banget pada indon, tapi gue turut berdukacita atas musibah yang melanda...toh mayoritas yang tewas dalam gempa ini juga adalah sodara seagama dengan gue..

    tapi apa yang bisa dipelajari dari kecelakaan ini?...yah terbukti indon akan terus-terusan dilanda gempa kerna kedudukan geografis nya.

    tapi apa pula tanggungjawab pemerintah indon??? hanya berserah pada takdir?? ga ada rencana konsisten bagi membantu ato mencegah atao waspada ke atas gempa yang bakalan melanda..

    dari foto-foto gempa di tasikmalaya liatlah betapa daifnya indon...bukan kedaifan penduduknya tapi kedaifan pemerintahnya untuk membantu rumah dan bangunan yang roboh...

    hanya menggunakan tangan?? loh mana mesin berat kayak tractor, bulldozer, crane dll. kalo begitu korban yang masih bernyawa akhirnya pasti tewas keran lewat dibantu..

    terbukti itu satu ketidak mampuan pemerintah indon untuk beli ato impor mesin-mesin berat...

    seandainya terjadinya perang antar Malaysia dan indon seperti berkoar-koarnya harapan rakyat indon mo perang...bagaimana ya..kalo perang yang pasti indon akan dibombandir oleh pesawat Malaysia... dan kehancuran bangunan, harta, nywawa manuasia pasti berlaku..

    gue berdoa agar tidak berlakunya perang antar Malaysia-Indon...bukan kerna takut tapi kasihan rakyat sipil indon yang lagi susah bertambah-tambah kesusahannya...

    semoga rakyat indon insaf deh atas kecelakaan ini, bulan ramadhan adalah bulan meningkatkan amal ibadat..mo ganyang dan protes yang ga ada kesudahannya..

    ReplyDelete
  40. gempa bumi menimpa lagi. lihat link ini - http://www.antaranews.com/berita/1252345976/gempa-6-8-sr-guncang-diy

    ReplyDelete
  41. RAMe - Rame Dialognya Nutut Nulis
    YANG BUAT BLOG INI SEBENERNYA ORANG BERPENDIDIKAN PA NGGAK SIH DASAR GOBLOK, JANCUK, RAIMU ASU, MALAYSIA BENER-BENER MALING SIA

    KALIAN MEMANG NGGA' PUNYA KEBUDAYAAN CUK MERDEKA AJA DAPAT HADIAH,.... BUKAN DARI PERJUANGAN DARAH DAN AIR MATA CUK

    MAKANYA KALIAN GAK PUNYA BUDAYA, BANGSA SERUMPUN APAAN ? INGET NGGAK KALIAN TUH PINTER JUGA DARI KAMI INGET SAAT SOEKARNO MENGIRIM GURU KE TANAH MELAYU DAN SEKARANG SETELAH KALIAN KAYA

    SUDAH SEPERTI KACANG LUPA KULITNYA CUKKKKK?!!!!!!!!!!!


    DASAR TAIII CUK ASU, KEPARAT BAJINGAN, KONTOLLLLL

    AYOOOO... CUK NEK NGAJAK PERANG KITA RAKYAT INDONESIA SIAP DAN BERANI MATI.... MEMBELA HARGA DIRI...

    ReplyDelete
  42. AYO MUSNAHKAN MALINGSIAL DARI MUKA BUMI INI

    MALINGSIAL KEPARAT

    ReplyDelete
  43. Dikala kamu ucapakan ayat itu, terlebih dahulu Allah musnahkan kamu dari bumi kamu sendiri. Tak reti baca tajuk posting ni ke?

    Gunalah akal yang waras sebelum buat kenyataan. Jangan jadi bodoh sombong.

    Lawak orang2 indon nih. ;P

    ReplyDelete
  44. hey Indon, sapa yang dah musnah dari muka bumi ni sebenarnya? Tak reti baca berita ke?

    Tu la akibatnya kalau IQ paras lutut.

    ReplyDelete
  45. Gempa bumi in peringatan terhadap mereka memfitnah kepada negara Malaysia yang telah bnyak mmbantu Indonesia apabila berlakunya bencana alam..tetapi fitnah yang Malaysia dpt..ini sume agenda yang telah diputarbelitkan oleh media Indonesia terhadap Malaysia..kita sebagai rakyat Malaysia jgn ambil peduli ttg fitnah mereka..kita teruskan mengejar ilmu kerana ilmu lebih penting dari semngat untuk mmfitnah negara Islam yang lain...jgn jdi seperti mereka yang pendek akal....

    ReplyDelete
  46. WARNING!
    Unbelieveble nih orang-orang! Please be peace, and patient ok!
    BIG Carefull with the others (pihak ke 3), ini bisa jadi celah besar bwt di adu domba, kalian semua sesama bangsa yang besar bkn negara yg mudah diadu domba & yang mayoritas penduduk Islam (saudara) sedikitlah arif & bijak, kalian semua sama adlh ciptaan Tuhan Allah SWT sama2 negara jajahan janganlah saling mencela,klo nasihat boleh lah

    Sebagai negara yang besar dahulukan nalar pikiran (factnya) baca sejarah&geografi jgn asal bicara pake emosi,semua bencana di muka bumi ini pasti ada hikmah dan pembelajaran yang bisa kita ambil,Jika Allah SWT sudah menimpakan sebuah bencana maka tidak ada satupun yang dpt mencegahnya terbukti (fact) bangsa jepang&Amerika yg hebat masih tidak bisa mempredeksi kpn dan dimana bencana itu akan terjadi, sejak kejadian di WTC Amerika banyak orang yang menemukan hidayah menjadi muallaf

    COBALAH Bersabar,Introspeksi diri, lapang dada,jadilah bangsa negara yang besar&hebat seperti yang kalian aku itu ( indonesia & Malaysia), tapi ingat jgn jadi bangsa yg sombong! PIKIRKANLAH!

    ReplyDelete
  47. salam..skang Allah da baLas .........masing2 boleh pk ......

    ReplyDelete
  48. Salam.

    I honestly felt sad of what really happen in Padang, Kapal Terbang Terhempas, and all the gempa bumi things.

    But,sedih dengan perangai Indon2 yang dalam musibah masih lagi nak tunjuk bagus. Mari usulkan agar kita buat "Sweeping Indonk" kat negara kita. Dorang ramai2 kat sini pun buat jenayah, rogol anak orang, rompak sana-sini. Semua dah terbukti dah. Apa lagi kan, kita kasi sweeping je sama mereka.

    ReplyDelete
  49. orang indon mmg goblok..tk sadar diri..hanya yang tinggal di malaysia saja yg insaf...

    ReplyDelete
  50. salam lebaran semua malaysia n indonesian.. kita sesama umat manusia jnglah kita asyik bergaduh.. kita slesaikan cara baik.. bawa berbincang..musyawarah.. xelok la mcm ni.. kita suma baik kan.. lgpun islam xajar untuk kita bermusuhan.. renung2 kan.. cuba kita fikir kita ada jga pertalian sesama kita, sama da kwn, sedara, kenalan, n sapa2 la.. fkir la baik2...

    ReplyDelete
  51. Sudah2 la tu don...dah terang lagi bersuluh....adess...Aku cume leh geleng pale sambil berdoa..agar Allah berikan hidayah pd kita semua..Amin..

    ReplyDelete
  52. Cakap pon x gune...cam menuang air dlm keladi jew...wat abis mase jew layan Indon nih...belagak tak menempat...x sedar2 lg tu...ni bukan ilmu takat lutut jew...dah standard tapak kaki dah ni...

    ReplyDelete